Beranda / Berita / Detail / Wujudkan Spiritualitas dan Kepedulian Terhadap Lingkungan, SMA Islam Dian Didaktika Adakan Shalat Istisqa

Wujudkan Spiritualitas dan Kepedulian Terhadap Lingkungan, SMA Islam Dian Didaktika Adakan Shalat Istisqa

Berita / 02 Aug 2018

DDNews—Depok. Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, keprihatinan atas bencana kekeringan yang sudah banyak terjadi baik di Depok maupun secara nasional, dan doa agar sekolah dan lingkungan sekitar terhindar dari kekeringan, SMA Islam Dian Didaktika melaksanakan shalat Istisqa pada hari Jumat, 2 Agustus 2019 pukul 06.45 – 07.30 WIB yang diikuti seluruh peserta didik kelas X-XII, dewan guru, serta tenaga kependidikan.

Berdasarkan data Palang Merah Indonesia, di Kota Depok sudah lima kelurahan yang mengalami krisis air bersih antara lain, Kelurahan Tugu, Meruyung, Harjamukti, Jatijajar, dan Mekarsari.

SMA Islam Dian Didaktika serta unit pendidikan Islam Dian Didaktika lainnya, yaitu SD dan SMP rutin melaksanakan shalat Istisqa setiap tahun atau saat terjadi kemarau. Kegiatan ini sangat positif karena merupakan bentuk pengamalan spiritualitas secara langsung, bukan hanya belajar mengenai teori shalat Istisqo di kelas. Shalat Istisqa sendiri adalah salat sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Salat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan tertentu. (Ars)