SMA ISLAM DIAN DIDAKTIKA IKUTI INTERNATIONAL YOUTH DAY KNIU MENDALAMI PERAN REMAJA DALAM ESD DAN GCED

Kategori: Berita Kegiatan SMA Dibuat: 05 Oktober 2017
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 154

kniu

DDNEWS—1 September, 2017 Depok. Remaja Indonesia dapat dipandang secara luas tidak hanya sebagai generasi muda bangsa, tetapi juga generasi global. Pendidikan di Indonesia saat ini telah terkoneksi dengan dunia secara global. Salah satu bukti nyata hal ini yaitu program video konferensi sekolah antar negara (Generation.Global video conference) yang masih berada di bawah naungan KNIU (Komisi Indonesia untuk UNESCO) yang telah diikuti oleh SMA Islam Dian Didaktika selama 3 tahun.

25 Agustus 2017, Kemdikbud melalui KNIU menyelenggarakan international youth day di Gedung A Kemdikbud 08.30 – 17.00 WIB dengan rangkaian kegiatan seminar dan workshop remaja yang dihadiri narasumber populer, yaitu:

  1. Prof.Dr. Arief Rachman, M.Pd ketua KNIU Indonesia.
  2. Ir. Suharti, M.A., PH.D kepala perencanaan dan hubungan luar negeri Kemdikbud
  3. Dr. Hari Nugroho direktur komite program penelitian dan pengembangan MAB Indonesia, LIPI
  4. Hasibullah Sastrawi direktur Aliansi Damai Indonesia (AIDA)
  5. Tasya Kamila, artis Indonesia yang menjadi duta lingkungan RI

Prof. Arief Rachman memaparkan mengenai peranan generasi muda dalam mencapai education for sustainable development dan global citizenship education. Ir. Suharti dan Dr. Hari Nugroho memaparkan mengenai pesan agar generasi muda meneliti, sedangkan Hasibullah Sastrawi yang merupakan alumni Al-Azhar Kairo memaparkan bagaimana perjuangan beliau membangun komunikasi yang dapat mendamaikan antara keluarga pelaku dan korban terorisme. Metode beliau kini digunakan BNN untuk penyuluhan bahaya narkoba dimana pelaku dapat berperan positif sebagai kontributor inspirasi agar tidak ada lagi remaja yang menjadi korban narkoba.

Ada sekitar 200 peserta yang menghadiri international youth day. Mayoritas dari peserta ternyata adalah mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia dan daerah seperti Bali, Surabaya, Bandung, Yogyakarta. Hanya sedikit peserta yang berasal dari jenjang SMA, salah satunya yaitu 6 siswa SMA Islam Dian Didaktika. Kegiatan tersebut sekaligus membangun wawasan generasi muda SMA Islam Dian Didaktika untuk aktif dalam kegiatan-kegiatan seminar, workshop, dan pelatihan karena sekolah bukan satu-satunya sumber belajar. Untuk meningkatkan kualitas, siswa dan siswi pun perlu mengikuti berbagai kegiatan positif sebagai sumber belajar kedua. (Ars)

 

Gallery SMA

  • Band-Papercut.jpg
  • Band.jpg
  • Film-RPN-NABIL.jpg
  • film.jpg
  • JIHAN-MUMTAZ.jpg
  • Karakter-Anime.jpg
  • Robotik.jpg
Twitter icon

Follow @ddidaktika on Twitter

Loading..

Galeri Foto