JUARA MATEMATIKA DARI DESA CINERE

Kategori: Berita Kegiatan SMP Dibuat: 09 Desember 2016
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 1517

juara copy

Ilham Suryawan Rahman, siswa kelas 8 SMP Islam Dian Didaktika baru saja menorehkan prestasi internasional. Anak dari pasangan ayah Harsono Budi Santoso dan ibu Kurnia Permitasari ini berhasil meraih medali perak pada Challenge for Future Mathematicians pada 30 Oktober 2016 lalu. Challenge for Future Mahtematics ini diadakan di Hotel Ingtarn Resort pada tanggal 29 Oktober 2016. Namun, acara berlangsung dari 28—31 Oktober 2016. Siswa kelahiran Jakarta, 6 November 2003 lalu ini merasa senang dan bahagia atas prestasi yang telah diraihnya.

Challenge for Future Mathematicians sendiri adalah lomba matematika yang diikuti oleh 5 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Thailand yang tahun ini menjadi tuan rumah. Bersama 23 peserta lainnya Ilham berangkat menuju ajang yang rutin diadakan setiap tahunnya. Untuk pengalaman di Thailand ini Ilham melakukan pelatihan sebanyak dua kali. Pada lomba tersebut terdapat dua sesi, yaitu individual dan team contest. “Pada awalnya saya merasa tak mungkin mendapat medali karena saat lomba banyak soal yang saya jawab secara acak..dan alhamdulillah ternyata, saya mendapatkan medali perak.” Sekembalinya ke Indonesia Ilham mendapat nasihat baik dari Pak Ridwan Hasan selaku Direktur Klinik Pendidikan MIPA tempat Ilham belajar yang mengatakan bahwa lomba ini bukan masalah prestasi atau medali, tetapi saat anak-anak berpengalaman itulah hal yang penting.

Awalnya, Ilham mengikuti lomba ini agar dapat berlomba di level internasional. Matematika merupakan hal yang menarik perhatiannya sejak ia duduk di bangku kelas 6 SD. Untuk mengembangkan rasa tertariknya itu Ilham bergabung bersama Klinik Pendidikan MIPA. Sebuah lembaga belajar matematika yang berdiri sejak 2001 dan rajin mengirimkan para peminat matematika dalam lomba nasional maupun internasional, termasuk CFM tadi. Walaupun kegemarannya pada matematika merupakan sesuatu yang baru baginya, tapi Ilham sangat bersemangat mengenai hal ini. Menurut Ilham, banyak tantangan yang didapat dari matematika, “Matematika itu susah, tapi seru!”. Siswa yang mahir bermain bulutangkis ini kembali akan mengikuti lomba nasional. “Baru tahap penyisihan dan akan lomba lagi akhir pekan ini.” Di sekolahnya, SMP Islam Dian Didaktika Ilham merupakan anak yang supel dan rendah hati. Sikapnya ini banyak disukai teman-temannya. Ilham juga merupakan pengurus OSIS periode tahun 2016—2017. Ilham juga menjadi siswa yang mengikuti program pengembangan minat dan bakat di sekolah untuk OSN. Semoga prestasi Ilham ini menjadi inspirasi tersendiri bagi teman-teman dan keluarganya. (/esha)

 

Twitter icon

Follow @ddidaktika on Twitter

Loading..

Galeri Foto