Struktur Kurikulum

Dilihat: 7132

Kurikulum SMA Islam Dian Didaktika menggunakan kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang diperkaya dengan kurikulum khas Dian Didaktika.

Kurikulum SMA Islam Dian Didaktika menambah jumlah jam belajar sebanyak 18 jam pelajaran dari kurikulum KTSP. Jumlah Jam pelajaran di SMA Islam Dian Didaktika adalah 54 jam pelajaran.

 

Program Pengembangan Akademik

1. Remedial Teaching

Program ini diberikan kepada siswa kelas X, XI, XII yang belum tuntas belajar atau secara individu nilainya belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Mininal). Program remedial diberikan di luar KBM. Nilai KKM di SMA Islam Dian Didaktika minimal 75 untuk semua mata pelajaran.

 

2. Pengayaan (Enrichment)

Program ini diberikan kepada siswa yang memiliki hasil belajar jauh di atas nilai KKM. Program ini bertujuan agar siswa sukses masuk PTN mengikuti jalur undangan (PMDK).

 

3. Pendalaman Materi

Program ini wajib diikuti siswa kelas XII sebagai persiapan Ujian Nasional. Program ini akan dimulai setelah Ujian Tengah Semester 1 (UTS1). Dilaksanakan setiap hari sabtu mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

 

4. PPKI (Pembelajaran Penulisan Karya Ilmiah)

Program ini untuk kelas XI semester 1, Penulisan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan bagi siswa dalam menulis karya ilmiah sesuai dengan kaidah yang berlaku kemudian diujikan.

Ada 2 pilihan dalam penulisan karya ilmiah ini, yaitu :

a. Program Observasi

Observasi adalah salah satu program magang yang dilakukan siswa pada salah satu perusahaan maupun lembaga pemerintah. Tujuan observasi adalah selain untuk mengisi waktu luang dalam liburan semester III siswa dapat mengenal dunia kerja dan belajar membuat laporan.

b. Karya Tulis

Dalam pembuatan karya tulis tema ditentukan oleh guru (koordinator) kemudian masing-masing siswa menentukan judul yang relevan dengan bidang studinya. Sumber yang digunakan sebagai referensi dapat melalui internet maupun kejadian-kejadian yang ada di lingkungan sekitar.

 

5. Bimbingan Khusus Tim Olimpiade

Program ini bertujuan untuk menyiapkan siswa SMA mengikuti berbagai lomba olimpiade. Adapun program ini meliputi :

  1. Olimpiade Fisika
  2. Olimpiade Matematika
  3. Olimpiade Komputer
  4. Olimpiade Biologi
  5. Olimpiade Kimia
  6. Olimpiade Ekonomi
  7. Olimpiade Geografi/Kebumian

 

6. Program Layanan Intensif Persiapan UN

Program ini berlangsung selama 1 minggu dan dilaksanakan pada bulan Maret. Program ini bertujuan mempersiapkan siswa agar menghadapi ujian nasional lebih siap dan juga secara mental sudah terkondisi menghadapi Ujian Nasional (UN).