Berita

Building Personal Strength and Powerful, Dian Didaktika Siap Sambut Tahun Ajaran Baru

Berita / 12 Jul 2022

Dalam rangkaian pelaksanaan Rapat Kerja Pendidikan Islam 2022, melalui kegiatan Team Building, Dian Didaktika siap menyambut tahun ajaran 2022-2023 lebih baik. Team Building Personal Strength and Powerful Team dilaksanakan pada hari terakhir pelaksanaan Raker sejak tanggal 27-29 Juni lalu.


Kegiatan Team Building Training dilaksanakan dengan bekerja sama dengan lembaga Mckuadrat. Kak Rio sebagai trainer utama memberikan motivasi kepada seluruh Bapak/Ibu Guru dan Karyawan. Seluruh peserta diberikan pengalaman unik dalam menyelesaikan tantangan dalam memecahkan beberapa permasalahan. Seluruh peserta dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok harus dapat membangun kekuatan sebagai sebuah tim dengan memaksimalkan potensi kekuatan setiap individu-individu di dalam tim. Kekuatan individu yang dimaksud adalah bagaimana setiap personal dapat menajamkan thinking ability dan internal awareness.

Penyelesaian sebuah permasalahan sebetulnya membutuhkan prioritas kedua hal tersebut. Penyelesaian sebuah permasalahan terkadang tidak memerlukan Penyelesaian yang terlalu kompleks dan rumit. Seringkali penyelesaian sebuah permasalahan terjebak  pada kegagalan dalam berpikir. Beberapa bentuk kegagalan berpikir yang sering terjadi adalah deletion, generalization,dan distortion.


Kegiatan Team Building yang dilakukan secara tatap muka ini diikuti dengan penuh semangat dan motivasi yang kuat oleh 158 guru dan karyawan Pendidikan Islam Dian Didaktika.  Team Building  secara berkelompok diberikan tantangan dalam menyelesaikan dua permasalahan. Penyelesaian kedua permasalahan dengan cara menemukan kode-kode rahasia yang diberikan dalam bentuk petunjuk-petunjuk dan kata kunci. 


Petunjuk dan kata kunci yang harus dipecahkan oleh peserta terdiri dari 4 digit angka. Kode angka yg tepat akan berhasil membuka kotak penyelesaian masalah. Seluruh peserta terlihat sekali antusias dan kerjasama tim yang terjadi di setiap kelompok. 


Padil Akbar, peserta Team Building dari kelompok 5 yang merupakan Guru SMA menyampaikan bahwa kegiatan Team Building ini betul-betul menambah energi untuk menyambut tahun ajaran baru.


"Kegiatan Team Building ini perdana bagi saya. Dan ini benar-benar menyadarkan saya bahwa kadang kita berpikiran suka kejauhan dalam menyelesaikan sebuah masalah.  Padahal solusinya kadang tak perlu rumit." jelas Padil.


Secara terpisah, Riza Meri Yanti selaku Humas Pendidikan Islam Dian Didaktika menyampaikan bahwa perlu sekali memperhatikan petunjuk-petunjuk yang terdapat dalam setiap permasalahan yang ada. Petunjuk-petunjuk tersebut dapat dimaknai sebagai kekuatan setiap individu dalam sebuah organisasi.


"Setiap kita punya fungsi dan peran yang berbeda.  Sekecil apapun peran yang dijalankan, tentu penting untuk Dian Didaktika. Semoga kegiatan Team Building dalam rangkaian Raker Pendidikan Islam Dian Didaktika dapat menjadi sumber energi baru bagi semua civitas Dian Didaktika yang telah merancang berbagai inovasi program pengembangan menuju Dian Didaktika lebih baik."tutup Meri.


Di akhir kegiatan, seluruh peserta menempelkan fotonya ke sebuah Final Project Unity yang merupakan representatif Dian Didaktika sebagai sebuah great team yang terdiri dari kumpulan individu-individu hebat dengan beragam fungsi dan peran. Semoga kegiatan  Team Building ini dapat mewujudkan harapan Dian Didaktika menjadi penyelenggara pendidikan terbaik untuk generasi hebat negeri.