Beranda / Berita / Detail / Dian Didaktika Film Festival 2021, Berkarya Untuk Indonesia

Dian Didaktika Film Festival 2021, Berkarya Untuk Indonesia

Berita / 14 Oct 2021

Dian Didaktika - Depok. Dian Didaktika Film Festival (DDF) merupakan sebuah kompetisi film pendek pelajar tingkat nasional yang didedikasikan sebagai wadah untuk pengembangan serta penyaluran minat, bakat, dan kreativitas sineas pelajar dalam memproduksi film pendek dengan mengutamakan unsur kebudayaan Indonesia. Dian Didaktika Film Festival 2021 dimulai proses pendaftarannya  dari 13 Maret 2021 - 7 Agustus 2021 dan telah menerima total 75 film pendek pelajar yang tersebar ke 11 provinsi dan 30 sekolah se-Indonesia. 


DDF sudah diadakan sejak tahun 2017. Pada tahun ini DDF mengusung tema “Exceed Expectation” yaitu sebuah tema tentang bagaimana sineas pelajar menghadapi ekspektasi diri mereka sendiri dan ekspektasi orang lain terhadap mereka. Keira Rahaldjani selaku  Festival Director DDF 2021 mengatakan bahwa, pelaksanaan DDF 2021 ini dilakukan secara online dengan ide-ide baru yang inovatif dengan 6 rangkaian acara. 


Keenam rangkaian acara tersebut adalah Cinecorn, Cineplay, Cinetalk, Cinecussion,  ASSFE,  dan Cineward. Cinecorn atau cinema corner merupakan sebuah Program penayangan film serta sesi diskusi dengan pembicara mengenai topik ‘Krisis Film Anak di Indonesia’. Cineplay atau cinema playlist, Cineplay merupakan acara screening film-film finalis melalui Youtube Live. Cinetalk atau Cinema Talk,yang merupakan program bincang-bincang mengenai programming film-film peserta,sampai dengan kriteria penjurian.


Cinecussion atau Cinema Discussion merupakan ajang diskusi antar sineas pelajar mengenai topik yang berhubungan dengan film. Melalui Google Meet secara virtual, para sineas pelajar akan melaksanakan dua sesi diskusi yaitu Focus Group Discussion dan Big Group Discussion. ASSFE atau Asian Student Short Film Exhibition. ASSFE merupakan salah satu main event Dian Didaktika Film Festival 2021 dimana ada pemutaran karya - karya film pendek para sineas pelajar Asia dan diskusi mengenai film - film pendek mereka yang dibawakan oleh moderator. ASSFE ditayangkan melalui YouTube Live.


Cineward atau Cinema Award merupakan puncak acara Dian Didaktika Film Festival yang berupa acara penghargaan untuk kepada para peserta finalis DDF. Cinemaward mempersembahkan pertunjukan-pertunjukan spektakuler yang dipersembahkan oleh siswa - siswi SMA Islam Dian Didaktika.


Festival Film pada DDF 2021dibagi menjadi 3 nominasi utama yaitu individual, special award, dan Best Movie. Di dalam Best Movie, terdapat kategori yaitu Dredheg (Fear and Terror), Bandhawa (Family and Friendship), Abhipraya (Ambition Desire and Hope) Gunita (Culture), dan Tatya (Reality)


Di dalam Individual, terdapat kategori Best Director, Best Script, Best Cameraman, Best Art, Best Editor dan Best Sound Design yang terbagi menjadi Fiksi dan Dokumenter. Di dalam Special Award terdapat kategori Most Inspiring Story, Most Unique Character, Most Twisted Ending, Most Challenging Concept, Most Heartwarming Relationship, Most Memorable Dialogue, Most Relatable Story dan Most Soulful Story. 


Cineward   berlangsung dengan meriah. Selamat untuk para pemenang ya! Selamat juga untuk seluruh panitia pelaksana DDF yang luar biasa. Semoga tetap terus berkreasi dan tetap Berkarya Untuk Indonesia. (mrz)