Berita

FESTIVAL BULAN BAHASA “READER NOW LEADER TOMORROW”

Berita / 02 Dec 2021

Dalam rangka bulan bahasa dan mengembangkan kemampuan berbahasa anak, KB – TK Islam Dian Didaktika mengadakan rangkaian kegiatan literasi. Kegiatan ini disesuaikan dengan tema pembelajaran, yaitu “Bukuku Ilmuku”  dan dilaksanakan pada 28 September – 4 November 2021. Tema yang diusung  pada Festival Bulan Bahasa kali ini adalah “Reader Now Leader Tomorrow”. Adapun tujuan diselenggarakannya  kegiatan Festival Bulan Bahasa ini adalah agar anak dapat mencintai buku sejak dini, meningkatkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia, meningkatkan kemampuan terhadap bahasa Indonesia dengan baik dan benar, meningkatkan kelancaran dalam berbahasa Indonesia ketika berbicara, dan mengekspresikan perasaan melalui bahasa.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada Festival Bulan Bahasa ini adalah guru bercerita dengan media E-Book, silent reading, pengenalan perpustakaan melalui video, anak bercerita dengan buku cerita kesukaannya, menonton video kisah sukses “Fayana Menjadi Seorang Penulis”, menonton video mini drama Guru “Jeri dan Gaga yang Tidak Mau Mengalah”, lomba “Story Telling” dan “Book Charity” (One Student One Book). Alhamdulillah anak-anak terlihat semangat mengikuti semua kegiatan tersebut, terlebih saat kegiatan membaca cerita di hadapan teman-temannya. Untuk kegiatan bercerita dengan buku kesukaan, Kelompok Bermain dan Kelompok A, anak-anak membaca gambar dan menceritakannya. Untuk Kelompok B, ada yang sudah dapat membaca tulisan dan langsung menceritakannya. Kegiatan bercerita seperti ini selain menumbuhkan percaya diri pada anak juga menanamkan mencintai buku sejak dini, yaitu melalui kegiatan membaca.

Untuk kegiatan lomba “Story Telling” anak-anak dapat bercerita dengan penuh makna. Mereka dapat menunjukkan ekspresi yang baik saat menceritakannya.  Alhamdulillah dari video yang dikirimkan, telah terpilih tiga orang pemenang pada setiap levelnya. Untuk Kelompok A Juara I diraih oleh Alfarezel Rifqialano Soedirham , Juara II Shabika Arh Dzaahira Roelivan dan Juara III Ryuga Ammar Laudzi. Untuk Kelompok B Juara I Gwen Kinandari Sachi Arifin, Juara II Muhammad  Zayn Nafi’i  Ruspriono , dan Juara III  Alesha Islamedina Aisyah Siregar. Selamat ya kepada para pemenang, semoga semakin mencintai buku dan sering membaca buku. Bagi yang belum berhasil menjadi pemenang, tidak perlu kecewa dan tetap semangat membaca buku ya...

Kegiatan  “Book Charity - One Student One  Book” juga dapat terlaksana dengan baik. Terima kasih kepada Bapak/Ibu Orang Tua murid yang telah memberikan donasi buku cerita. Selanjutnya buku cerita tersebut diberikan kepada sekolah TKQ Qurrota Ayun, Bedahan, Sawangan, Depok dan RA/TK Al Masyitoh Brengkol, Pituruh, Purworejo, Jawa Tengah.

Semoga dengan diadakannya kegiatan literasi ini dapat semakin menambah kecintaan anak-anak untuk membaca buku. (Yayuk)