Berita

Gelar Karya Mengubah

Berita / 15 Nov 2022

Depok- Sabtu (15/10/2022), sepanjang lorong menuju SMP Islam Dian Didaktika tampak semarak. Para siswa kelas 7 Angkatan ke-31 tampak antusias menyapa ayah bunda orang tua siswa kelas 7-9 yang melintas untuk memenuhi undangan Student Led Conference putra-putrinya. Ya, bersamaan kegiatan Student Led Conference (SLC) para siswa kelas 7 menggelar Perayaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk tema pertama mereka, yaitu “Mengubah Sampah Menjadi Berkah”.

Selama tiga bulan bulan Proyek P5 pertama itu dilaksanakan. Kegiatan diawali dengan proses identifikasi masalah yang dilakukan dengan diskusi dibimbing oleh para fasilitator yang merupakan guru-guru pendamping. Melalui proses itu, para siswa memilih tema sampah dengan alasan sampah merupakan permasalahan yang besar, dekat, dan membutuhkan partisipasi para siswa untuk diatasi. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Tempat Pengolahan Sampah Merdeka, di bilangan Depok Timur untuk melihat secara langsung bagaimana sampah tersebut diolah sehingga tidak menjadi buangan akhir yang menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan.

Dari tempat tersebut, para siswa diajak untuk mengamati permasalahan sampah yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka, memotretnya, dan memberi tanggapan akan hal tersebut. Para siswa juga melakukan kampanye tertulis dengan membuat berbagai poster yang berisikan pesan tentang pentingnya menyelesaikan masalah sampah ini. Selanjutnya mereka mencari inspirasi untuk mengolah sampah di sekitar mereka menjadi barang-barang yang berguna. Hasil karya inilah yang mereka tampilkan dalam gelaran Perayaan P5. Dengan sigap dan lugas para siswa secara bergantian di booth kelasnya menjelaskan kepada Ayah Bunda tentang masalah sampah dan produk yang mereka hasilkan. Semoga kegiatan ini memberi inspirasi kepada orang-orang yang mengunjungi booth mereka untuk turut peduli terhadap masalah sampah. Semangat berbagi, ya Nak! (/esha)