Berita

Pear Deck Slides Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris (Juara 2 Lomba Menulis Esai

Berita / 23 Nov 2021

Pandemi Covid-19 mengubah tatanan kehidupan dalam bidang pendidikan.  Pembelajaran yang awalnya secara konvensional (belajar tatap muka di dalam kelas) berubah menjadi pembelajaran virtual (belajar secara online). Seorang pendidik dituntut untuk melek teknologi. Hal ini sejalan dengan menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 yakni meningkatkan kualitas pendidik agar mampu mengajarkan materi dengan pendekatan penerapan penggunaan teknologi informasi (IT) dalam proses belajar mengajar.


Tantangan pembelajaran Bahasa Inggris secara daring adalah peserta didik kurang aktif dan enggan untuk mengungkapkan setiap gagasan, cenderung pasif hanya mendengarkan di satu sisi. Selain itu, beberapa peserta didik mengaku kurang nyaman ketika berinteraksi secara langsung via daring. 


Selain tantangan dari peserta didik, muncul juga permasalahan dari pendidik sendiri. Seperti pembelajaran sering kali terpusat pada pendidik, metode ceramah yang membosankan, aktivitas pembelajaran yang kurang menarik, dan kurangnya referensi untuk pembelajaran via daring. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu media pembelajaran yang bisa membuat proses belajar mengajar Bahasa Inggris menjadi lebih menarik.


Pear Deck adalah sebuah fitur add-ons di google slides yang akan membuat materi presentasi lebih menarik.  Fitur ini dapat di download secara manual dan dapat digunakan langsung di google slides yang sudah dibuat. Fitur ini mengoptimalkan media google slides agar dapat lebih menyenangkan dan interaktif. Peserta didik dapat berinteraksi dan memberikan tanggapan langsung pada slide presentasi yang disampaikan oleh pendidik. Menariknya lagi, respon yang sudah diisi oleh peserta didik dapat disimpan dan dibagikan kembali kepada peserta didik. 


Untuk mendownload fitur add-ons pear deck ini sangat mudah. Cukup membuka google slides yang memuat materi pembelajaran yang sudah dibuat kemudian klik add-ons, pilih menu pear deck dan download. Jika langkah-langkah tersebut sudah dilalui. Pear deck slides siap untuk digunakan.


Ada banyak sekali template yang dapat digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Seperti multiple choice questions (pertanyaan pilihan ganda), numerical response (menunjukkan suatu hasil dengan diagram), open ended (pertanyaan dengan jawaban beragam dari peserta didik), draggable and drawable (dapat memberi label dan gambar di slides presentasi). Fitur ini sangat mudah digunakan dan tidak perlu meng-instal software tambahan dan menariknya lagi dapat digunakan secara gratis.


Menggunakan fitur pear deck dalam proses pembelajaran bisa di lakukan secara sinkron dan asinkron. Peserta didik dan pendidik dapat berinteraksi pada slide presentasi secara langsung (sinkron) via google meet atau zoom meeting sehingga bisa langsung ditampilkan hasil pekerjaan peserta didik. Atau jika ditugaskan di luar jam kelas masih bisa dipantau oleh pendidik (asinkron).


Dari pengalaman penulis dalam kelas selama proses pembelajaran virtual dengan menggunakan fitur pear deck.  Banyak sekali manfaat yang dirasakan seperti peserta didik merasa senang dan aktif ketika menggunakan pear deck slides serta dapat berinteraksi langsung dalam pembelajaran.


Untuk menjawab tantangan abad 21, seorang pendidik harus selalu berupaya untuk mengaktualisasikan diri agar pembelajaran di ruang virtual menjadi lebih menyenangkan dan tidak monoton. Pemanfaatan teknologi yang tepat akan menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup dan bermakna.


Hilyatul Aulia Fitriani

Guru Bahasa Inggris SMP Islam Dian Didaktika




Ref: https://www.southalabama.edu/departments/ilc/peardeck.html