Beranda / Berita / Detail / Pengalaman Dera, Juara ke-2 OSa HIMBF FPMIPA UPI Bandung

Pengalaman Dera, Juara ke-2 OSa HIMBF FPMIPA UPI Bandung

Berita / 10 Nov 2021

Dera, Berbagi Pengalaman Menjadi Juara Lomba OSa

Dian Didaktika -Depok.  Okimudera Gumilang yang kerap dipanggil Dera adalah siswa kelas 6 angkatan 31 SD Islam Dian Didaktika. Dera anak yang rajin dan disiplin dalam setiap kegiatan. Pada bulan Oktober 2021, Dera mengikuti lomba Olimpiade Sains (OSa) yang diadakan oleh HIMBF FPMIPA UPI Bandung. Bagaimana perjuangan Dera dalam mengikuti lomba tersebut?

Mari kita simak pengalaman Dera !


Pengalamanku Mengikuti OSa

Beberapa waktu lalu saya dan teman-teman mengikuti OSa (Olimpiade Sains) tingkat SD/ MI se-Provinsi Jawa Barat 2021 yang diadakan oleh HMBF FPMIPA UPI Bandung. Karena masih dalam suasana pandemi, OSa diadakan secara online. Saya senang sekali bisa mengikuti OSa. Ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Pengalaman lomba secara online dengan 2 kamera pemantau.

Diawali dengan seleksi di sekolah, kami bertujuh (Dera, Abi, Nara, Kanaya, Cetta, Naya, dan Bariq) terpilih mewakili sekolah SD Islam Dian Didaktika. Ada dua kali seleksi dalam OSa ini, yaitu seleksi wilayah dan seleksi pusat. Seleksi wilayah diadakan tanggal 24 Oktober 2021. Dari seluruh peserta diambil 10 besar untuk mengikuti seleksi pusat. Alhamdulillah dari SD Islam Dian Didaktika meloloskan 4 wakil yaitu saya, Abi, Nara dan Kanaya. Kami berempat mengikuti seleksi wilayah tanggal 30 Oktober 2021 untuk teori  dan tanggal 31 Oktober 2021 untuk praktek.

 

 

 

 

 

 


Ini pengalaman pertama saya mengikuti lomba secara online. Lomba ini merupakan salah satu lomba bergengsi di bidang Sains. Dengan waktu persiapan yang tersedia, saya mempersiapkan diri dengan latihan soal, mempelajari soal-soal latihan yang diberikan dan mengembangkannya. Dalam belajar kami dibimbing oleh Pak Rano, Bu Dwee dan Bu Vivie. Walaupun online, saya tetap merasa gugup saat mengerjakan soal. Tetapi saya harus tetap berusaha untuk tenang dan fokus dalam menjawab. Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan mengerjakan soal-soal.

Pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 7 Nopember 2021. Alhamdulillah saya mendapat juara II. Saya sangat senang karena usaha saya berbuah manis. Tambah senang lagi ketika diumumkan teman kami Abi mendapatkan juara I dan juga mendapat predikat Best Teori (mendapatkan nilai teori tertinggi). Kami bangga, tahun ini kami bisa mempersembahkan Piala Gubernur Jawa Barat untuk SD Islam Dian Didaktika tercinta. Terima kasih kepada Pak Rano, Bu Dwee, dan Bu Vivie yang telah membimbing dan mendampingi kami hingga mencapai hasil terbaik.

Untuk Nara, Kanaya, Cetta, Naya dan Bariq kalian juga hebat. Semoga ilmu dan pengalaman yang kita peroleh ini bisa menjadi bekal bagi kita agar bisa terus meningatkan prestasi di kompetisi-kompetisi lain selanjutnya. (Dera-6C Mus’ab Bin Umair)