Beranda / Berita / Detail / Perekrutan Peserta Pembinaan Prestasi SMP Islam Dian Didaktika

Perekrutan Peserta Pembinaan Prestasi SMP Islam Dian Didaktika

Berita / 06 Sep 2021



Dian Didaktika - Depok. Sekolah Menengah Pertama Islam Dian Didaktika mengumumkan perekrutan peserta untuk kegiatan “Pembinaan Prestasi” bagi siswa, yang dihadiri oleh guru dan siswa SMP Islam Dian Didaktika melalui meeting online pada hari Selasa, 3 Agustus 2021 pagi.


Pembinaan prestasi adalah kegiatan yang diadakan agar semua murid dapat mengenali dan melatih potensi diri, menguji diri sendiri dan menghasilkan karya yang membanggakan. Selain itu kegiatan ini dapat menjadi tiket masuk jalur prestasi di sekolah lanjutan dan membuka peluang untuk dapat berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional.


Ada beberapa jenis pembinaan prestasi, yaitu Academic and Technology, Sports and Arts dan Spiritual and Skills. Academic and Technology terdiri dari lomba seperti Kompetisi Sains nasional (KSN) yaitu Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, KOPSI/KIR, dan TIK (Robotic, dan lain-lain). Sports and Arts terdiri dari lomba seperti silat, renang, solo vokal, tari kreasi, solo gitar, musik tradisi, seni lukis, broadcasting, fotografi, dan animasi. Spiritual and Skills terdiri dari lomba Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pramuka.

Siswa-siswi yang berminat mengikuti kegiatan, selanjutnya melakukan proses pendaftaran pembinaan prestasi sesuai dengan minat, bakat, dan potensi melalui form yang sudah diberikan. Setelah itu siswa-siswi mengikuti seleksi dengan calon peserta pembinaan lainnya di bidang yang sama. Apabila terpilih, peserta harus siap dilatih secara intensif oleh guru pembina, berkomitmen mengikuti kegiatan, rutin berlatih, dan mengikuti lomba dengan target menang. 


Karena masih berada dalam masa Pandemi Covid-19, peserta dilatih secara virtual melalui meeting online. Sebagian besar lomba kemungkinan juga akan dilaksanakan dengan cara yang sama. Jika ada pelaksanaan lomba yang membutuhkan peserta untuk datang secara langsung, sekolah harus mengikuti prosedur kesehatan yang sudah ditentukan. Walaupun dalam keadaan pandemi, siswa-siswi SMP Islam Dian Didaktika diharapkan untuk tetap semangat dan berminat untuk mengikuti kegiatan karena dapat membawa banyak manfaat di masa mendatang. (/ghea&lala)


Disusun oleh : Ghea Gayatri dan Melani Puti Maharani Kelas 8B