Beranda / Berita / Detail / Peringatan HUT RI ke-76 Sekolah Dasar Islam Dian Didaktika

Peringatan HUT RI ke-76 Sekolah Dasar Islam Dian Didaktika

Berita / 14 Oct 2021

Dian Didaktika -Depok. Selasa 17 Agustus 2021, merupakan hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76. Sekolah Dasar Islam Dian Didaktika setiap 17 Agustus biasanya memperingati HUT RI yang dilaksanakan secara meriah. Namun, peringatan HUT RI tahun ini tidak dapat dilaksanakan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya akibat belum berakhirnya pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia khususnya. Walaupun  dilaksanakan  di tengah penerapan PPKM, masih ada hal menarik yang bisa kami lakukan untuk tetap memeriahkan HUT RI ke-76. Mulai dari mengikuti upacara virtual, unggah twibbon yang dikirim ke sekolah melalui media sosial, lomba-lomba, menghias kelas. Sebagian dari kegiatan tersebut dijadikan sebagai alternatif untuk memperingati sekaligus merayakan HUT RI ke-76 di masa pandemi COVID- 19. Berikut beberapa kegiatan yang dilakukan SD Islam Dian Didaktika dalam rangka memperingati HUT RI ke-76 pada masa pandemi COVID- 19.

  1. Upacara Bendera Virtual

Pelaksanaan upacara bendera HUT RI ke-76 dilaksanakan di lapangan SMA Islam Dian Didaktika pada pukul 07.30 WIB, dengan menerapkan  protokol kesehatan yang ketat. Dalam upacara tersebut bertindak sebagai pembina upacara adalah Bapak Suparjo, S.Pd. Kepala SMP, Pembaca Teks Proklamasi Kemerdekaan adalah Bapak. Ruslan, M.Pd. Kepala SMA,  Pembaca teks Pembukaan UUD ’45 adalah Azizah Nurul Hikmah , Pembawa acara adalah Malca P. Tabina, Pemimpin Upacara  adalah M. Afwan Shauqi, Tim Pengibar Bendera adalah Purwa K. Prabaswara, A.W. Wulan Kinanti, dan M. Abrar Hakim dari  SMA. 

 

Peserta upacara  diikuti oleh seluruh pengurus Yayasan Dian Didaktika, siswa-siswi unit TK, SD, SMP, SMA serta orang tua siswa mengikuti upacara dari rumah melalui tautan streaming youtube.  Alhamdulillah, upacara peringatan HUT RI ke-76 diikuti dengan khidmat dan dapat berjalan dengan lancar walau dilaksanakan  secara virtual. 

 

  1. Lomba-lomba

Pada masa pandemi ini para peserta didik tetap bersemangat untuk mengikuti perlombaan-perlombaan yang diadakan secara virtual. Derai tawa mereka begitu terlihat sangat antusias untuk memeriahkan HUT RI ke-76, mereka menampakan rasa kebanggaannya terhadap bangsa Indonesia. 

 

Ada banyak sekali jenis perlombaan yang ditawarkan. Para peserta didik bebas memilih satu jenis perlombaan yang ingin diikutinya. Perlombaan itu meliputi lomba mengucapkan teks pancasila, lomba membacakan teks Undang-Undang Dasar 1945, lomba membuat dan membacakan puisi, lomba melempar bola, lomba lompat tali, lomba memakai baju seragam, lomba kuis digital, lomba menyanyi, lomba membuat poster, lomba vlog, dan bahkan ada lomba makan kerupuk secara virtual.

 

Perlombaan-perlombaan ini sangat beraneka ragam, tentunya diikuti oleh seluruh peserta didik dengan suka cita. Para guru memandu perlombaan dengan trik yang begitu menarik. Perlombaan pun berlangsung dengan penuh bahagia dan hati gembira. Saat perlombaan berlangsung para peserta didik tampak begitu siap, mereka ada yang memakai pernak pernik kemerdekan dan bahkan ada yang mengenakan pakaian dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Para peserta didik begitu bangga untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-76. Merdeka! (Espr & Ris)