Berita

Pramuka Garuda, Bersama Pak Diki dan Anggota Pramuka Garuda 2022

Berita / 21 Apr 2022


Dian Didaktika - (21/4). Pramuka Garuda adalah tingkatan pramuka tertinggi di tiap golongan pramuka lainnya, kegiatan ini merupakan sebuah penghargaan kepada siswa atau siswi yang telah mencapai beberapa life skill dan beberapa syarat-syarat yang diambil dari SKU (Syarat Kecakapan Umum), SKK (Syarat Kecakapan Khusus) dan petunjuk penyelenggaraan. Pramuka Garuda adalah salah satu dari bagian WOSM (World Organization of Scout Movement). Pramuka Garuda sendiri merupakan sebuah program Pramuka lingkup dunia contohnya seperti Malaysia (Pengakap Raja), Brunei Darussalam (Pengakap Sultan), Amerika (Eagle Scout), Korea (Tiger Scout) dll. Pramuka Garuda merupakan salah satu ‘Tradisi Pahlawan’ karena banyaknya pahlawan-pahlawan nasional dari Indonesia yang bahkan sebelum merdeka sudah ikut berperan serta dalam kegiatan Pramuka salah satunya seperti Bung Tomo, “Bung Tomo itu salah satu dari anggota Pandu Garuda (Pramuka Garuda) pertama di Hindia Belanda” ujar Pak Diki melalui wawancara. 

Sudah 4 tahun berturut-turut Dian Didaktika berhasil mengirimkan 4 Angkatan untuk mengikuti Pramuka Garuda. Di hari Jumat, 25 Maret 2022 untuk angkatan tahun 2022 ada 4 anggota yaitu Drian Fadghammanan Romdoni, Muhammad Satria Arga Mahadika, Fathan Arrumy Ruzash dan Alvaro Hadimulya yang sudah resmi dilantik menjadi anggota Pramuka Garuda di Gedung Pramuka Kwarcab Depok. Calon peserta Pramuka Garuda akan melalui 4 tahap seleksi yaitu tahap dokumen atau pemberkasan, wawancara dengan calon peserta secara virtual, verifikasi awal di Gedung Kwarcab Depok dan berkemah selama 2 hari 1 malam di Cibubur. Karena peserta Pramuka Garuda sudah resmi dilantik untuk periode tahun 2022, selama 3 bulan terakhir ini peserta akan mempersiapkan diri sebelum nantinya akan mulai berkegiatan di Pramuka Garuda. “Jadi kalau ada peserta didik yang ingin menjadi Pramuka Garuda maka harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang dan biasanya akan dimulai sekitar bulan Juni atau Juli, ya kurang lebih 3 sampai 4 bulan lagi karena ada beberapa tahapan penilaian ataupun verifikasi” ujar Pak Diki melalui wawancara Rabu, 30 Maret 2022. 


Kemudian apa saja tujuan dari diadakannya kegiatan Pramuka Garuda bagi siswa dan siswi? Pramuka Garuda memiliki 3 tujuan utama yaitu

1. Mencetak putra atau putri yang bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa

2. Mencetak putra atau putri yang berkarakter mulia

3. Mempunyai life skill atau keterampilan


Menjadi salah satu dari anggota Pramuka Garuda bukanlah hal yang mudah, calon peserta harus melalui beberapa syarat agar bisa lolos seleksi diantaranya adalah wajib untuk menyelesaikan SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus), diwajibkan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di kwartir (Badan pengelola Gerakan Pramuka) ada kwartir tingkat kecamatan, kota, daerah sampai nasional. Selain itu ada juga penilaian dari orang tua, guru, pembina dan sekolah. 


Interview with Anggota Pramuka Garuda: 


  • Siapa saja peserta yang ikut?

“Peserta yang ikut tentunya bukan hanya dari SMP Islam Dian Didaktika saja, banyak sekolah-sekolah lain yang juga antusias dalam mengikuti Pramuka Garuda ini” kata Kak Alvaro via Whatsapp.

(Alvaro Hadimulya)


  • Bagaimana perasaan kakak bisa terpilih menjadi anggota Pramuka Garuda?

“Untuk perasaan saya sendiri ketika bisa terpilih menjadi anggota Pramuka Garuda yang pasti saya sangat senang bisa menjadi bagian dari Pramuka Garuda dari kontingen SMP Islam Dian Didaktika” ujar Kak Fathan saat interview melalui Whatsapp.

Selain itu, Kak Fathan juga berterimakasih kepada keluarganya, Bapak Diki sebagai pembina, dan juga seluruh bapak ibu guru SMP Islam Dian Didaktika yang sudah memberi dukungan dan support kepada para anggota Pramuka Garuda. 

(Fathan Arrumy Ruzash)


  • Apa saja harapan kakak selama mengikuti kegiatan Pramuka Garuda?

“Harapanku sendiri selama mengikuti Pramuka Garuda agar bisa jadi lebih berani, lebih tangguh, bisa meningkatkan rasa tanggung jawab, bisa mengatasi masalah dengan baik dan menambah keahlian atau life skill

(Muhammad Satria Arga Mahadika)


  • Mengapa kakak memutuskan untuk mengikuti kegiatan Pramuka Garuda?

Menurut Kak Alvaro, Kak Alvaro sendiri memutuskan untuk mengikuti kegiatan Pramuka Garuda ini untuk mendapat prestasi dan mencari beberapa kegiatan baru selama masa pandemi. 

(Alvaro Hadimulya)


  • Bagaimana cara kakak menyeimbangkan waktu antara kegiatan pembelajaran dengan kegiatan Pramuka Garuda?

Menurut Kak Fathan, cara untuk menyeimbangkan waktu untuk kegiatan pembelajaran dengan kegiatan Pramuka adalah: 


  • Membagi waktu dengan baik

  • Lakukan dengan segera atau jangan menunda nunda

  • Selalu berusaha sebaik mungkin agar mendapat hasil yang terbaik

(Fathan Arrumy Ruzash)


Kalau menurut Kak Arga, hal yang paling penting tetaplah belajar. Utamakan belajar terlebih dahulu! “Jadi biasanya kita melakukan kegiatan Pramuka setelah kegiatan belajar selesai, biasanya kita melatih keahlian kita di Pramuka Garuda dengan Kak Diki dan kakak kakak pembina lainnya”

(Muhammad Satria Arga Mahadika)


Narasumber:

Bapak Diki Wahyu, S.Pd.I. 

Drian Fadghammanan Romdoni (Peserta Pramuka Garuda)

Muhammad Satria Arga Mahadika (Peserta Pramuka Garuda)

Fathan Arrumy Ruzash (Peserta Pramuka Garuda)

Alvaro Hadimulya (Peserta Pramuka Garuda)


Oleh :
Raras Anditya Kirana
Felisha Athalia Putri
Alif Izzadien Ikhsan Fatoni