Berita

Program Pemaparan SD Islam Dian Didaktika

Berita / 29 Jul 2022

Ada pepatah mengatakan "Tak kenal maka tak sayang", namun di SD Islam Dian Didaktika ada pepatah lain "Kenallah lebih dekat maka akan bertambah kasih sayang". Untuk hal ini maka kepala SD Islam Dian Didaktika memulai perkenalan dan pertemuan dengan orangtua melalui kegiatan pemaparan program.


Kegiatan Pemaparan Program adalah kegiatan pertemuan Kepala Sekolah, Guru dan Orang Tua Murid untuk mengetahui lebih dalam mengenai program yang akan dilaksanakan di SD Islam Dian Didaktika. Untuk Orang Tua murid kelas 1 kegiatan ini merupakan kali pertama mengenal yayasan Dian Didaktika lebih dekat mulai dari visi, misi, program kegiatan, fasilitas, kegiatan pembelajaran dan sebagainya. 

 

Kegiatan ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama Pemaparan Program untuk Orang Tua Murid Kelas 1 sampai Kelas 4 yang dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Juli 2022 (sebelum kegiatan pembelajaran tahun ajaran ini berlangsung). Sedangkan untuk kelas 5 dan kelas 6 dilaksanakan pada hari Jumat, 22 Juli 2022. 


Pada tahap pertama ada dua sesi, yaitu sesi pertama untuk kelas 1 dan kelas 4. Mengapa kelas 1 dan kelas 4 digabung di sesi pertama? karena untuk tahun ajaran ini kelas 1 dan kelas 4 menggunakan Kurikulum Merdeka belajar, sehingga penjelasan dari Kepala Sekolah mengenai program belajar merdeka dapat disampaikan dalam waktu bersamaan. Sedangkan sesi 2 pemaparan untuk kelas 2 dan 3 (yang masih menggunakan kurikulum 2013)


Informasi terbaru yang didapatkan oleh Orang Tua Murid mengenai Kurikulum Merdeka adalah Pprofil Pelajar Pancasila, Elemen Pembelajaran dan Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila. Untuk tahun ajaran ini Projek Profil Pelajar Pancasila mengambil dua tema dalam satu tahun yang dibagi dalam dua semester yaitu kebhinekaan global dan kewirausahaan.


Untuk kelas 2, 3, 5 dan 6 masih menggunakan kurtila (kurikulum 2013), namun ada beberapa program yang mengacu pada kegiatan Kurikulum Merdeka. Selain itu untuk Projek Profil Pelajar Pancasila kelas ini tetap melaksanakan seperti kelas 1 dan 4.


Selain penjelasan mengenai kurikulum yang digunakan pada tahun ini, orang tua juga diajak mengenal lebih dekat dengan wali kelas dan guru kelas di setiap levelnya. Bahkan Orang Tua juga memasuki ruang kelas Ananda agar dapat merasakan suasana belajar di kelas ananda. Orang Tua dapat mengetahui informasi dan tugas yang akan diberikan ananda dari penjelasan Wali Kelas dan Guru Kelas di ruang kelas masing-masing. Acara Pemaparan Program dan mengenal lebih dekat dengan wali kelas dan guru kelas ditutup dengan pemilihan koordinator kelas atau korlas. (Sri Mulyani)