Berita

Serunya Jamboree On The Internet

Berita / 31 Mar 2022

Serunya Jamboree On The Internet


Dian Didaktika-Depok. Kegiatan jambore merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh SD Islam Dian Didaktika. Kegiatan jambore ini diikuti oleh para peserta didik kelas 4 dan 5. Jambore tahun ini dilaksanakan pada Kamis, 24 Maret 2022. Jambore tahun ini tampak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya jambore dilaksanakan di luar lingkungan sekolah seperti di bumi perkemahan, tahun ini jambore masih harus dilaksanakan secara virtual karena pandemi yang belum berakhir.


Jambore tahun ini mengangkat tema Jamboree On The Internet yang disingkat dengan JOTI. Jambore diawali dengan upacara pembukaan, lalu dilanjutkan dengan materi kepramukaan tentang perkemahan dan sandi pramuka yang disampaikan oleh Kak Ardi. Materi kepramukaan disampaikan menarik dan menyenangkan sehingga membuat peserta didik penasaran dan ingin tahu.


Seperti layaknyajambore secara langsung, Jamboree On The Internet bertujuan untuk membangkitkan rasa kebersamaan antar para peserta didik. Dalam sesi lanjutan para peserta didik secara berkelompok diminta untuk membuat poster secara bersamaan melalui sebuah web desain. Tidak hanya ingin membangkitkan kreativitas peserta didik, peserta didik juga ditantang untuk membuat sebuah hidangan makanan dan minuman sederhana dari rumah. 


Di sore harinya para peserta didik bersama Kak Rano dan Kak Rizqi membuat Lampu Darurat. Seru sekali! Lampu darurat diperlukan jika tidak ada aliran listrik saat perkemahan. Lampu Darurat terbuat dari platesin, minyak goreng, air, gelas kaca, dan cutton bud. Lampu darurat dinyalakan dengan menggunakan korek api.



Pada malam harinya para peserta didik mendengarkan kajian dari Kak Kholis. Setelah itu dilanjutkan dengan acara api unggun yang disiarkan langsung dari sekolah. Sambil menikmati api unggun para peserta didik dan kakak-kakak pramuka menampilkan yel-yel setiap kelas dan penampilan kakak-kakak pembina. Banyak sekali kesan menyenangkan yang diutarakan para peserta didik untuk kegiatan jambore tahun ini. (Ris)