Beranda / Berita / Detail / SOSIALISASI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA (PERPUSNAS RI) OLEH PERPUSTAKAAN SMP ISLAM DIAN DIDAKTIKA

SOSIALISASI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA (PERPUSNAS RI) OLEH PERPUSTAKAAN SMP ISLAM DIAN DIDAKTIKA

Berita / 06 Sep 2021

Dian Didaktika - Depok. Perpustakaan Nasional adalah perpustakaan yang bertanggung jawab atas akuisisi dan pelestarian kopi semua terbitan yang signifikan yang diterbitkan di sebuah negara dan berfungsi sebagai perpustakaan "deposit", baik berdasarkan undang-undang maupun kesepakatan lain dengan tidak memandang nama perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI memiliki dua gedung. Gedung pertama berlokasi di Jl. Medan Merdeka Sel. No.11, RT.11/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110 sebagai pusat layanan perpustakaan bagi masyarakat umum. Gedung kedua berlokasi di Jl. Salemba Raya, RT.8/RW.8, Kramat, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430 sebagai tempat pengolahan koleksi perpustakaan.

Perpustakaan SMP Islam Dian Didaktika melakukan sosialisasi mengenai pemanfaatan dari Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas RI) diantaranya adalah manfaat cara menjadi anggota Perpusnas RI dan memahami penggunaan Aplikasi IPUSNAS. Sosialisasi ini dilakukan di waktu jam pelajaran kelas masing-masing (room google meet kelas) dan ditujukan kepada seluruh siswa/I SMP kelas 7, 8, dan 9 Tahun Ajaran 2021/2022.

Cara menjadi anggota Perpusnas dapat dilakukan dengan mengisi formulir yang disediakan di website keanggotaan.perpusnas.go.id dengan mengklik tombol “daftar”. Hal terpenting yang perlu dipersiapkan adalah nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) bagi Warga Negara Indonesia dan KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) bagi Warga Negara Asing. Kedua nomor tersebut akan digunakan sebagai nomor anggota Perpusnas yang masa berlakunya seumur hidup. Pencetakan kartu anggota dapat dilakukan secara langsung dengan mendatangi gedung Perpusnas tersebut.

Salah satu manfaat menjadi anggota Perpusnas adalah kita dapat menggunakan fasilitas e-resources atau sumber-sumber informasi yang bersifat elektronik seperti jurnal, artikel, maupun e-book baik dari nasional maupun internasional secara gratis. Sedangkan manfaat dari aplikasi IPUSNAS adalah dapat meminjam berbagai e-book yang tersedia di perangkat handphone secara gratis selama 3 hari.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi pemanfaatan keanggotaan dan aplikasi perpusnas ini adalah agar siswa/I SMP Islam Dian Didaktika terbiasa mencari sumber informasi berbasis elektronik dari sumber yang resmi dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, agar memudahkan kegiatan literasi saat MLC (Morning and Literation Call) karena dapat mengakses e-book secara mudah dan gratis.(Riska Meidiana)

Sumber : https://www.perpusnas.go.id/magazine-detail.php?lang=id&id=8044