Berita

Welcome School SD Islam Dian Didaktika

Berita / 29 Jul 2022

Salah satu kegiatan menarik yang dinanti-nanti oleh seluruh warga sekolah SD Islam Dian Didaktika adalah kegiatan Welcome School. Welcome School merupakan  penyambutan seluruh warga sekolah SD Islam Didaktika terutama adik-adik siswa kelas 1 yang baru bergabung di SD Islam Dian Didaktika. Pada tahun ajaran ini kegiatan Welcome School mengambil tema "Wonderful Indonesia". Tema ini mengenalkan berbagai daerah dan pulau besar yang ada di Indonesia. Masing-masing level memiliki subtema. Level 1 bertema  Jawa, level 2 bertema Irian/Papua, level 3 bertema Sulawesi, level 4 Sumatera, level 5 Kalimantan, dan level 6 bertema Bali. Tema-tema yang diberikan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa berbagai keragaman budaya yang ada di Indonesia


Guru-guru bersama siswa mengenal secara langsung keragaman budaya dengan menghias ruang kelas sesuai tema daerah di levelnya masing-masing. Mulai dengan hiasan penyambutan di pintu yang menampilkan nama murid menggunakan karakter gambar anak dengan pakaian adat. Gambar anak- anak pun di letakan di berbagai media hiasan menarik. Hiasan ini ada yang berbentuk rumah adat, perahu pinisi, pulau besar,gapura,ucapan selamat datang, dan ornamen khas daerah.


Kegiatan ini dilaksanakan di awal tahun ajaran, pada hari pertama masuk sekolah,  tepatnya pada Selasa 19 Juli 2022. Mulai jam 6 pagi Bapak Ibu guru dan siswa sudah hadir di sekolah. Guru-guru berpakaian adat beberapa daerah seperti Jawa, Sumatra, Kalimantan, Aceh, Bali dan sebagainya. Yang membuat kagum anak -anak adalah pakaian adat yang dikenakan oleh kepala sekolah. Beliau memakai pakaian adat Bali dengan aksesoris Bali yang menarik.  Sebelum menyampaikan sambutan beliau sempat menarikan sedikit gerakan tari Bali.


Penampilan guru-guru pun tak kalah menarik dan memukau anak-anak. Guru-guru menarikan beberapa tarian daerah secara medley dengan gerakan yang gemulai. Semangat Bapak guru dalam memainkan alat musik pun menjadi pertunjukan yang mencuri perhatian anak - anak, tamu undangan dan orang tua yang mengantar anaknya.


Sorak sorai dan tepuk tangan terdengar gegap gempita ketika menyambut kedatangan adik kelas 1 yang didampingi oleh kakak kelas 6. Hal ini diharapkan akan membentuk karakter peduli dan be a good friend siswa. Hal ini pula yang menjadi contoh dan bukti nyata bahwa tidak ada bullying di SD Islam Dian Didaktika. Sejak awal, kakak kelas 6 sudah harus melindungi adik-adik kelasnya terutama adik-adik kelas satu.


Kegiatan Welcome School ini ditutup dengan perkenalan guru -guru dari kelas 1 sampai kelas 6. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa  awal tahun ajaran, agar seluruh kegiatan pembelajaran  di SD Islam Dian Didaktika berjalan dengan lancar dan sukses dalam ridho Allah SWT. (Sri Mulyanih)