Berita

Yuk, Sehat dengan Gowes Sepeda! (Oleh Winaryo)

Berita / 15 Mar 2022

Assalamualaikum nama saya  Winaryo. Saya  biasa dipanggil   Pak Win. Saya bekerja di Dian Didaktika  sebagai Teknisi  Listrik dan Perawatan. Saya sudah bekerja  di Yayasan Dian Didaktika selama kurang lebih 20 tahun.  Saya mempunyai hobi bersepeda dan merakit sepeda. Banyak sepeda yang sudah saya rakit.  Ada yang dipakai sendiri dan ada juga untuk dijual.

Beberapa waktu terakhir ini kegiatan olahraga menggunakan sepeda menjadi sebuah trend di masyarakat. Berbagai alasan tentunya mendasari aktivitas bersepeda ini. Mulai dari alasan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, menjalankan hobi, melepas kepenatan dari rutinitas, atau bahkan untuk eksis dalam kehidupan media sosial dengan berbagai foto. Banyak di antara mereka tergabung ke dalam beberapa komunitas , meskipun banyak juga yang bersepeda secara individu ataupun bersama keluarga. 

Saya juga bergabung dalam Komunitas Sepeda di Depok Timur, Goweser Depok Timur, Kami biasa Berkumpul di hari Rabu dan Sabtu. Pesertanya dari  Bapak-bapak yang sudah pensiun bekerja.  Ada juga yang masih aktif bekerja seperti saya, Awalnya saya diajak  oleh Bapak Mertua yang suka bersepeda, Lama-kelamaan saya lebih sering bersepeda bersama-sama.

Nah, dari pengalaman  saya bersepeda, saya akan berbagi  tentang manfaat bersepeda.Saya juga merangkum beberapa manfaat tersebut dari beberapa sumber yang saya baca.  Berikut ini adalah beberapa manfaat bersepeda bila dilakukan secara rutin:

1. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Bersepeda dapat mengoptimalkan kinerja sistem kardiovaskular, yaitu jantung dan pembuluh darah, dengan cara memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Dengan kinerja sistem kardiovaskular yang baik, risiko terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi dapat dikurangi.

2. Menjaga kesehatan otot dan sendi

Bersepeda dapat memperkuat otot kaki, bokong, paha, betis, pinggul, perut, lengan, dan bahu. Tak hanya itu, bersepeda juga baik untuk persendian dan telah terbukti bermanfaat bagi penderita osteoartritis.

3. Menjaga berat badan

Bersepeda dapat menjaga berat badan tetap ideal, karena mampu membakar lemak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Bersepeda selama 1 jam saja dapat membakar setidaknya 600 kalori. Untuk mendapat manfaat ini secara optimal, dapat mengombinasikan kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan bergizi seimbang untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

4. Menurunkan tingkat stres

Saat bersepeda, tubuh akan menurunkan kadar hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol, di dalam tubuh. Tak hanya itu, melihat dan menikmati pemandangan saat bersepeda juga dapat menurunkan stres yang dialami.

5. Menurunkan risiko terjadinya diabetes dan kanker

Salah satu manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini karena bersepeda dapat menjaga kestabilan produksi hormon insulin dalam tubuh. Bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker payudara. 

Nah, banyak bukan manfaat yang akan kita dapatkan dari olahraga bersepeda ini? Satu lagi hal yang sangat perlu diperhatikan saat bersepeda di jalan raya adalah dengan mematuhi aturan lalu lintas tentunya. Supaya aman bagi semua pengguna jalan. Semoga bermanfaat untuk semua.

Jadi kapan nih kamu akan bersepeda? Salam sehat selalu ya, 

Editor : Meri Riza.

Sumber : Dihimpun dari berbagai sumber.