Berita

SMA Islam Dian Didaktika Sukses Gelar Wadah Kreativitas Sineas Pelajar Indonesia

...


Depok (15/10). SMA Islam Dian Didaktika sukses menggelar wadah penyaluran kreativitas bakat dan minat sineas pelajar Indonesia melalui ISMA pada puncak kegiatannya pada Sabtu, 15 Oktober 2022.  ISMA adalah singkatan dari Indonesian Students Movie Awards yang tahun ini merupakan penyelenggaraan tahun ke-6. ISMA Volume 6 ini merupakan rebranding dari Dian Didaktika Film Festival yang telah diselenggarakan sejak tahun 2017.


Puncak kegiatan ISMA merupakan momentum apresiasi atas karya film peserta melalui penghargaan Golden Garuda Award dan Silver Cendrawasih Award. Pada puncak kegiatan ISMA dihadiri oleh Wakil Walikota Depok, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata, Ketua Alumni Sekolah Staf Presiden, Kepala Pokja Apresiasi dan Literasi Film, Pemuda Pelopor dan Duta Baca Depok, Camat, dan segenap pengurus dan Jajaran Sekolah Islam Dian Didaktika.


Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Depok Ir. H. Iman Budi Hartono menyampaikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan ISMA. Menurutnya ISMA merupakan sebuah kegiatan yang sangat positif dan dapat terus menjadi tempat berkreasi para pelajar dengan cakupan lebih luas hingga internasional. Beliau juga berharap ISMA kedepan dapat mengangkat kekayaan budaya lokal untuk memperkenalkan  Kota Depok.


Festival Director ISMA Volume 6, Azizah Nurul Hikmah menyampaikan bahwa Indonesian Students Movie Awards yang tahun ini dapat diselenggarakan secara offline bertujuan untuk pengembangan, penyaluran minat, bakat, dan kreativitas sineas pelajar dalam memproduksi film pendek dengan mengetengahkan unsur kebudayaan Indonesia. Pendaftaran ISMA diselenggarakan sejak 26 Maret 2022 hingga 22 Agustus 2022. Rangkaian kegiatan ISMA berlangsung hingga 15 Oktober 2022. Pelaksanaan ISMA tahun ini telah menerima 64 film pendek pelajar yang tersebar ke 12 provinsi se Indonesia. 


Azizah juga menyampaikan bahwa Asian Screen merupakan kegiatan baru di ISMA tahun ini. Asian Screen adalah kegiatan diskusi film karya sineas pelajar Filipina. Asian Screen menghadirkan  Earvic Noay, Sutradara dari film Miss Informed.  


“Pada tahun ini, ISMA mengusung tema “Acceptability”, yaitu tentang perjalanan sineas pelajar dalam memahami dan menerima identitas yang melekat pada diri yang merupakan identitas bangsa dalam bentuk karya film” jelas Azizah.


ISMA memiliki rangkaian pre-event dan main event. Cinema Education (Cineducation) dan Cinema Class (Cineclass) merupakan 2 kegiatan pada rangkaian pre-event.Cineducation dan Cineclass merupakan acara workshop edukatif dan  kegiatan kelas film kolaborasi dengan International Design School dan Paragon Pictures.Kegiatan Cineducation dan Cineclass menghadirkan narasumber Penulis dan Sutradara  Rayhan Syafiq Renaldi dan M. Reza Fahriansyah, Bintang Rizky Utama, seorang animator dan Sutradara dari series animasi Nusa Rara, Pandu Birantoro Produser Paragon Pictures, dan  Prisca Amalia penulis pengembang dari Paragon Pictures.


4 rangkaian acara main-event terdiri dari  Cinema Playlist (Cineplay), Asian Screen, Cinema Talk (Cinetalk), dan Cinema Award (Cineward). Cineplay merupakan acara penayangan film peserta dan sesi tanya jawab dengan peserta.Asian Screen merupakan penayangan dan diskusi film karya sineas pelajar Filipina. Cinetalk merupakan talkshow interaktif bersama pembicara dan diakhiri dengan kegiatan menonton bersama film karya Paragon Pictures. dan Cineward adalah pemberian penghargaan kepada para peserta. 


ISMA didukung penuh oleh Yayasan Dian Didaktika dan BP3 Dian Didaktika dengan  Festival Partner Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, International Design School, Paragon Pictures, dan Genflix serta  Media Partner Infofestivalfilm.id, Info lomba, Event pelajar, Dan Event jakarta. 


Pada kegiatan Cineward diumumkan para peserta yang berhasil mendapatkan penghargaan  Golden Garuda Award dan Silver Cendrawasih Award;

Golden Garuda Award:

Kategori Fiksi SMA : Pehako Abok - SMKN 2 Koba

Kategori Dokumenter SMA : Barongsai - SMKN 2 Koba

Kategori Fiksi SMP : Janji -PKBM Ki Hadjar Dewantara

Kategori Animasi SMA : Malediction - SMK Bhakti Anindya


Silver Cendrawasih Award:

Kategori Fiksi SMA : Timpang - SMKN 2 Banjarmasin

Kategori Dokumenter SMA : Melakar - SMK Antartika 2 Sidoarjo

Kategori Fiksi SMP : Lanang -  SMP Permata Jingga

Kategori Animasi SMA : Wabah - SMAN 8 Bekasi


Selamat untuk para pemenang!

Semoga ke depan SMA Islam Dian Didaktika dapat terus menjadikan ISMA sebagai wadah tempat berkreasi, mengembangkan bakat dan minat generasi muda, khususnya para sineas pelajar Indonesia. (rimeya)


Berita Lainnya

...

12 Feb 2024

Gagas Inisiatif Kurangi Kesenjangan Pendapatan, Cut Amira Deriva Raih Penghargaan Best Position Paper pada Ajang AYIMUN 13th

Baca lebih lanjut >
...

12 Feb 2024

Membanggakan, 2 Siswa SMA Islam Dian Didaktika Terpilih Menjadi Delegasi Indonesia di AYIMUN 13th Conference di Malaysia

Baca lebih lanjut >
...

09 Oct 2023

Nafas Seni “Harmoni Karya Generasi Muda Masa Kini”

Baca lebih lanjut >

Instagram Sekolah Islam Dian Didaktika

Visit Instagram
Sekolah Islam Dian Didaktika

Syarat & Ketentuan

Kebijakan Privacy