Mengenal Penca Ibing

Dalam rangka Pengembangan Tema, hari ini selasa, 19 Maret 2019. Anak-anak mendapat kesempatan untuk mengenal lebih jauh tentang “Pencak Ibing” seni pencak silat yang berasal dari daerah Jawa Barat,  bersama Padepokan Seni Penca Daya Sunda (Bandung). Anak-anak berkumpul di aula untuk mendengarkan penjelasan dari Bapak Aji Andanawari, sebagai wakil dari Divisi Diklat Padepokan tersebut. Pak Aji menjelaskan tentang pentingnya anak-anak mengetahui salah satu seni tradisional Jawa Barat  dan warisan budaya asli Sunda dalam rangka mempertahankan warisan leluhur, jadi budayanya lebih ditonjolkan disamping tentunya olah raga bela dirinya.

Setelah mendengarkan penjelasan tiba saatnya anak-anak praktek jurus penca ibing seperti gerakan “tonjong”, “patah”, “tangkis” dan lain-lain ......wah serunya, tentu saja mereka begitu antusias, mengikuti setiap jurus yang diajarkan dan dicontohkan oleh kang Akbar. Ciri khasnya penca ibing adalah adanya iringan suara ibing dari alat musik tarompet, goong/kempul dan kendang anak, kendang indung dan kulantar. Selama kita melakukan gerakan-gerakan pencaknya. Jadi terkesan seperti sedang menari diiringi alunan suara musik. Disinilah letak perbedaannya dengan seni bela diri yang lain.

Senangnya dapat dan mengenal penca ibing, karena dengan begitu anak-anak dapat melestarikan budaya yang ada, sehingga tetap lestari dan yang paling penting bukti kecintaan kita kepada negara  Indonesia dan ini adalah tugas kita semua untuk tetap menjaganya.  (Enung Nurjanah)

DD

Sekolah Islam Dian Didaktika adalah sekolah yang ingin Ikut serta mengamalkan ajaran Islam serta membantu pemerintah dalam mengembangkan pendidikan/pengajaran, kesehatan, dan sosial/budaya

KEGIATAN


@diandidaktika

dian didaktika

ALAMAT


Jl. Rajawali Blok F No. 16 Cinere Estate, Gandul Kec. Cinere, Kota Depok Jawa Barat 16512 | Telp. (021) 7543241, 7543241 Fax. (021) 7533865

info@diandidaktika.sch.id