Pusat Bantuan

Frequently Ask Question Sekolah Islam Dian Didaktika

Pembelajaran agama Islam di SMA Islam Dian Didaktika dilakukan melalui kegiatan spiritual building, PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) dan PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional), Amaliyah Ramadhan, Amaliyah Harian, hingga Tahsin Al-Qur'an. Selain itu pemantapan tentang ibadah amaliah pagi siswa.

Kapasitas siswa per kelas adalah 25-30. Jumlah siswa pada tahun pelajaran 2021-2022 adalah 413. Jumlah guru dan tenaga kependidikan adalah 35 orang.

Program unggulan SMA Islam Dian Didaktika diantarany adalahprogram sukses PTN kelas XII, kelas khusus PTN bagi kelas X dan XI, pembinaan KSN, FLS2N, dan O2SN, sekolah Adiwiyata, GLS (Gerakan Literasi Sekolah), KKR (Kelompok Kesehatan Remaja), Video conference dan homestay (immersion) ke luar negeri, program Tahsin, Tasmi, dan Murojaah, DDF (Dian Didaktika Film Festival) dan Diprolution (Dian Didaktika Project Revolution), Native Speaker, dan PBB (Pendidikan Baris Berbaris). Untuk lebih detil silakan menuju laman profil SMA.

Pendidikan karakter diwujudkan melalui program-program strategis sekolah seperti budaya 5S, Ibadah Amaliyah, ikrar, doa, tadarus, shalat dhuha, shalat zuhur dan ashar berjamaah, program keputrian dan keputraan, program sedekah Jumat peduli, Tahsin-Tasmi-Murojaah, hingga penanganan permasalahan siswa secara humanis dan holistik.

Ruang kelas dilengkapi 2 AC, CCTV, dan multimedia, dispenser air minum ,Lab Fisika, Kimia, dan Biologi, Lab Bahasa dan Komputer; Ruang Seni Musik; Kebun Hidroponik, Toilet, UKS, Perpustakaan, Lapangan olah raga, Kantin. Untuk lebih detil, silakan dapat membuka laman sarana dan prasarana.

Untuk detil pencapaian prestasi SMA silakan menuju ke laman prestasi.

SMA Islam Dian Didaktika mengembangkan 3 keterampilan berbahasa asing peserta didik yaitu bahasa Inggris, bahasa Jepang dan bahasa Arab. Penguatan pembelajaran bahasa Asing dilengkapi dengan native speaker bahasa Inggris, video conference bahasa Inggris. SMA Islam Dian Didaktika memiliki sekolah mitra dengan sekolah di luar negeri. Hal ini digunakan untuk meningkatkan dan penguatan keterampilan bahas Inggris. Sekolah mitra SMA Islam Dian Didaktika adalah Eltham di Victoria Melbourne dan sekolah Woodville di Adelaide. Kemitraan dengan Woodville Adelaide dibangun dari program pertukaran guru ke Adelaide pada tahun 2019 pada program Australia-Indonesia Bridge Program yang diselenggarakan oleh Departement Foreign Affair and Trading Australia. Kemitraan dengan sekolah Eltham di Victoria Melbourne berlangsung sejak tahun 2014 hingga saat ini. Sebelum pandemi setiap dua tahun sekali mengadakan kunjungan ke sekolah Dian Didaktika. Pengembangan bahasa Jepang sebelum pandemi dilakukan denga

Jadwal belajar pada masa normal sebelum pandemi dimulai pada pukul 07.00-15.20 WIB. Kegiatan dimulai dengan penanaman dan pembentukan karakter. Pada hari Senin dan Rabu dilakukan kegiatan perwalian oleh walikelas, ikrar, tadarus Al-Qur'an dan doa. Pada hari Selasa dilakukan kegiatan perwalian dan GLS (Gerakan Literasi Sekolah). Pada hari Kamis dilakukan kegiatan perwalian dan murojaah. Pada hari Jumat dilakukan kegiatan tahsin Alquran. Kegiatan pembelajaran pada hari Senin-Kamis dimulai pada pukul -7.30 WIB. Sedangkan pada hari Jumat kegiatan pembelajaran dimulai pukul 08.00 WIB setelah kegiatan tahsin Alquran. Pada saat pandemi kegiatan pembelajaran berlangsung pada pukul 07.00-14.10 WIB secara daring.

SMA Islam Dian Didaktika menerima pendaftaran siswa akselerasi dengan usia mulai dari 14 tahun. Sedangkan batas maksimal usia siswa pendaftar adalah 2 tahun sejak dinyatakan lulus SMP (2 tahun dilihat dari tahun lulus pada ijazah SMP)

Persyaratan untuk mendaftar di SMA Islam Dian Didaktika: Membeli dan mengisi form pendaftaran (bisa secara online), melengkapi berkas pendaftaran seperti kartu keluarga, akte kelahiran, surat keterangan sehat, foto, foto kopi rapor SMP semester 1-5. Untuk detil persyaratan mendaftar, silakan cek info di situs Penerimaan Siswa Baru (PSB).

SMA Islam Dian Didaktika terakreditasi A pada tahun 2019.

SMA Islam Dian Didaktika menggunakan kurikulum 2013 yang dikombinasikan dengan kurikulum khas Dian Didaktika dengan muatan pendidikan budi pekerti. Selama pandemi covid 19, sekolah menggunakan kurikulum darurat yang merupakan penyederhanaan kurikulum nasional sesuai kebutuhan siswa saat ini.

"Pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP : 1. Untuk materi pelajaran mengikuti Kurikulum Nasional 2. Terdapat program yang menguatkan pendidikan Agama di SMP dimasukan ke dalam kegiatan MLC seperti ikrar, asmaul husna, tadarus, doa harian, surat pendek, pengisian laporan ibadah), BTQ (tahsin dan tahfizh quran, murajaah hafalan), Penutupan kelas (pengecekan shalat zuhur siswa oleh walas), program CiQa dan PHBI).

Kapasitas siswa per kelas adalah 25 siswa. Jumlah siswa pada tahun pelajaran 2021-2022 adalah 264 siswa. Jumlah guru dan tenaga kependidikan sebanyak 30 orang.

"Berikut adalah program-program unggulan SMP Islam Dian Didaktika : MLC (Morning and Literation Call) dan Penutupan Pembelajaran Pemilihan The Best Student Attitude Dian Didaktika Scout Camp dan Super Camp Pengembangan Minat dan Bakat serta Prestasi siswa Penulisan Antologi Esai Mentoring Bimbingan Tahsin dan Tahfiz Quran Reader of The Month Parenting Spiritual Building Diaxtion CiQA Keputrian/keputraan Amaliah RamadanUntuk lebih detil silakan menuju laman profil SMP.

Pelaksanaan pendidikan karakter terintegrasi dengan semua kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di SMP Islam Dian Didaktika. Secara konsisten pembiasaan baik dilaksanakan mulai dari awal belajar pada kegiatan ikrar (offline) dan MLC (online) sampai penutupan pembelajaran. Ada kegiatan harian melalui MLC dan KBM rutin, kegiatan mingguan dengan kegiatan BK, mentoring, keputrian/keputraan, pramuka, dan ekstrakurikuler

Ruang kelas, Lab IPA, Lab Komputer, Lab bahasa, Perpustakaan, Ruang BK, Ruang UKS, Lapangan olah raga, GOR, Mini garden, Ruang Audio Visual, Mushala Iqra, Auditorium, Kantin, Toko Sekolah, Warung Siswa, Wifi sebagai penunjang belajar daring, webcam di setiap kelas dan mini studio untuk kegiatan stadium general. Untuk lebih detil, silakan dapat membuka laman sarana dan prasarana.

Untuk detil pencapaian prestasi SMP silakan menuju ke laman prestasi.

Jadwal belajar pada masa normal dimulai pada pukul 07.05--15.00 WIB. Kegiatan akan diawali dengan ikrar, tadarus, kulim, dan kegiatan literasi. Jadwal kepulangan dilaksanakan setelah siswa melaksanakan salat Asar berjamaah. Pada saat pandemi, jadwal belajar dimulai pukul 07.15 WIB yang diawali dengan kegiatan MLC (morning and literation call) sampai pukul 08.00 WIB. Pembelajaran berakhir pada pukul 12.00 WIB, dilanjutkan dengan istirahat, salat dan makan siang. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan penutupan pembelajaran pada pukul 12.50-13.00 WIB bersama wali kelas.

Rentang usia calon siswa kelas VII pada bulan Juli maksimal 13 tahun.

Persyaratan untuk mendaftar di SMP Islam Dian Didaktika: Membeli dan mengisi form pendaftaran (bisa secara online), melengkapi berkas pendaftaran seperti kartu keluarga, akte kelahiran, surat keterangan sehat, foto, foto kopi rapor SD kelas 4-5. Untuk detil persyaratan mendaftar, silakan cek info di situs Penerimaan Siswa Baru (PSB).

SMP Islam Dian Didaktika terakreditasi A pada tahun 2019.

SMP Islam Dian Didaktika menggunakan kurikulum 2013 yang dikombinasikan dengan kurikulum khas Dian Didaktika dengan muatan pendidikan budi pekerti. Selama pandemi covid 19, sekolah menggunakan kurikulum darurat yang merupakan penyederhanaan kurikulum nasional sesuai kebutuhan siswa saat ini.

Pembelajaran Agama di SD Islam Dian Didaktika mengacu pada kurikulum khas Dian Didaktika, yaitu komposisi jumlah jam pembelajaran agama lebih banyak dibandingkan sekolah umum.Pembelajaran agama terbagi menjadi dua yaitu Pendidikan Agama Islam dan pembejaran Al qur'an. Target hafalan (tahfidz) diberikan bertingkat di setiap level kelas. Kegiatan first program di pagi hari difokuskan pada pembiasaan menghafal surat-surat pendek dan doa sehari-hari.

Kapasitas siswa per kelas adalah 23-28 orang. Jumlah siswa pada tahun pelajaran 2021-2022 adalah 553 siswa. Jumlah guru adalah 54.

Kegiatan kurikuler maupun non kurikuler yang mengembangkan kecerdasan majemuk siswa.Kegiatan outing yang mendukung kegiatan intra. Program enrichment untuk pengembangan kemampuan siswa.Kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan PjBL. Untuk lebih detil silakan menuju laman profil SD.

Pendidikan karakter diberikan melalui pembiasaan sehari-hari dan terintegrasi dalam setiap pembelajaran. Ada 8 karakter dan nilai yang menjadi fokus pendidikan karakter dan budi pekerti di SD Islam Dian Didaktika.

Ruang kelas, Lab komputer, Lab IPA, Perpustakaan, UKS, Kantin, Auditorium, Ruang Seni Tari dan Musik, GOR, LTE (Layanan Terapi Edukasi), Mushola, Lapangan Upacara, Lapangan Volley, Mini garden dan Tanaman Obat Keluarga. Untuk lebih detil, silakan dapat membuka laman sarana dan prasarana.

Juara 1 science competition yang diadakan oleh UPI Bandung Piala bergilir Gubernur Jawa Barat. Juara 1 percussion piala Bergilir Wali Kota Depok. Untuk detil pencapaian prestasi SD silakan menuju ke laman prestasi.

Bahasa asing yang diajarkan adalah bahasa Inggris dan bahasa Arab. Pembelajaran terintegrasi ke dalam semua kegiatan pembelajaran melalui instruksi sederhana dan special event seperti English Day. Disediakan juga kelas belajar dengan native speaker. Tujuannya adalah untuk membangun keberanian dan kepercayaan diri siswa.

Waktu belajar SD Islam Dian Didaktika pada masa normal sebelum pandemi dimulai pada pukul 07.10 WIB. Kegiatan diawali dengan doa dan first program. Setelah itu dilanjutkan dengan pembelajaran yang dimulai pada pukul 07.35 WIB. Durasi belajar kelas 1-2 berlangsung pada pukul 07.10 - 13.30 WIB, kelas 3-6 pada pukul 07.10 - 14.30 WIB. Pada jadwal pembelajaran terdapat dua kali sesi istirahat, yaitu untuk snack time dan makan siang. Siswa selalu melaksanakan salat zuhur berjamaah di sekolah. Pada daat pandemi, pembelajaran berlangsung secara daring. Kelas 1-2 berlangsung pada pukul 07.30-11.00 WIB, kelas 07.30 - 11.30 WIB.

Persyaratan untuk mendaftar di SD Islam Dian Didaktika: Membeli dan mengisi form pendaftaran (bisa secara online), melengkapi berkas pendaftaran seperti kartu keluarga, akte kelahiran, surat keterangan sehat, foto. Untuk detil persyaratan mendaftar, silakan cek info di laman Penerimaan Siswa Baru (PSB).

SD Islam Dian Didaktika terakreditasi A pada tahun 2018.

SD Islam dian Didaktika menggunakan Kurikulum 2013 yang di kombinasikan dengan kurikulum khas Dian Didaktika khususnya pembelajaran al qur'an dan budi pekerti serta pengembangan multiple intelegencies.

Pembelajaran agama Islam di KB-TK Islam Dian Didaktika mengacu pada kurikulum dan muatan lokal yang disesuaikan dengan tingkatan usia siswa. Pembelajaran terdiri dari pembiasaan sikap berdoa, praktek ibadah, hafalan surat pendek dan doa harian, mengenal huruf hijaiyyah dan membaca iqro, kalimat thoyyibah, serta mengenal shiroh nabi.

Kapasitas siswa per kelas adalah 12-18 orang. Jumlah siswa KB-TK pada tahun pelajaran 2021-2022 adalah 116 dengan jumlah guru 19.

Pendidikan Budi Pekerti yang diintegrasikan dengan nilai nilai ajaran Islam seperti kegiatan hari besar Islam, amaliyah Ramadhan, manasik haji, tahun baru Islam, pengayaan membaca surat pendek, doa per individu. Pengembangan muatan lokal seperti seni tari, seni-musik melalui Pentas seni dan wisuda, olah raga dan ekskul seperti Futsal, Marching Kids, Renang, dan menggambar. Selaam pandemi dilakukan beberepa penyesuaian dengan program Hello School Hello Teacher, Drive Thru pemberian media, Special Event, Parenting, Talk With Parents, Talk With Students, Talk With Friends dan Parents As Teacher. Untuk lebih detil silakan menuju laman profil KB-TK.

Pendidikan karakter diberikan melalui pembiasaan sehari-hari, dongeng atau cerita yang mengangkat karakter dan contoh dari guru.

16 Kamar mandi, Aula, Lapangan Olah Raga, 8 ruang kelas, Ruang Kesenian, Ruang Perpustakaan, Lab Komputer, Ruang UKS, Ruang Tamu, Ruang Guru, Playground, Dapur dan Gudang. Untuk lebih detil, silakan dapat membuka laman sarana dan prasarana.

Prestasi terakhir yang diraih sebelum pandemi adalah juara 1 lomba sekolah sehat dan juara 2 futsal dalam Alfath Festival. Selama masa pandemi KB-TK belum dapat mengikuti perlombaan. Untuk detil pencapaian prestasi KB-TK silakan menuju ke laman prestasi.

Pembelajaran bahasa asing terintegrasi pada semua pembelajaran melalui instruksi sederhana dan pengenalan melalui lagu-lagu sesuai dengan tema pembelajaran. Bahasa yang diajarkan di KB-TK adalah bahasa Inggris.

Waktu belajar KB-TK adalah 5 hari dalam seminggu. Jadwal belajar saat masa normal sebelum pandemi, pembelajaran berlangsung pada hari Senin-Kamis pukul 07.30-11.30 WIB. Untuk hari Jumat, berlangsung pada pukul 07.30-11.00 WIB. Saat Pandemi, pembelajaran berlangsung secara daring. Pembelajaran dibagi menjadi 2 sesi. Sesi 1 berlangsung pada pukul 08.00-08.40 WIB, sesi 2 pada pukul 09.00-09.40 WIB. Sesuai dengan rombongan kelas, diadakan juga sesi morning call.

Untuk KB rentang usia 3-4 tahun, per September 2022 berusia 3 tahun, untuk TK A usia 4-5 tahun, per September berusia 4 tahun, untuk TK B usia 5-6 tahun, per September berusia 5 tahun.

Persyaratan untuk mendaftar di KB-TK Islam Dian Didaktika : Membeli dan mengisi form pendaftaran (bisa secara online), melengkapi berkas pendaftaran seperti kartu keluarga, akte kelahiran, surat keterangan sehat, foto. Untuk detil persyaratan mendaftar, silakan cek info di situs Penerimaan Siswa Baru (PSB) pada laman web diandidaktika.sch.id

KB-TK Islam Dian Didaktika terakreditasi A pada tahun 2019.

KB-TK Islam Dian Didaktika menggunakan Kurikulum 2013 yang dikembangkan dengan berbagai macam muatan lokal yang dirancang secara khusus dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan pendidikan Budi pekertu pada setiap bidang pengembangannya dengan memperhatikan keberagaman kecerdasan anak didik

Masukan Pertanyaan

Masukan pertanyaan anda di kolom di bawah ini