PERINGATAN HARI RAYA IDUL ADHA 1439 H

Kategori: Berita Kegiatan KB-TK Dibuat: 18 September 2017
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 575

12

Labaik Allahumma labaik….. itulah lantunan kalimat thoyibah yang kami perdengarkan kepada ananda TK setiap hari  sebelum pelaksanaan manasik haji. Rangkaian kegiatan Idul Adha kami lakukan mulai tanggal 28 – 31 Agustus. Ada beberapa kegiatan diantaranya bernyanyi lagu tema manasik haji, membuat batu kerikil dari kertas koran yang diremas untuk melempar jumroh, membuat hasil karya untuk hiasan  di papan, seperti kambing, domba dan sapi, sekaligus kami memperkenalkan hewan apa saja yang boleh disembelih saat Idul Adha.

Kegiataan berikutnya adalah menonton film tentang manasik haji dan hewan kurban. Dalam film ini ananda melihat urutan manasik haji, pakaian ihrom dan mengenal Ka’bah,  juga diperlihatkan apa saja syarat hewan yang bisa dikurban dan apa saja jenis hewannya.

Yang menarik juga adalah kunjungan kami ke Musholla IQRO Dian Didaktika, ananda diperkenalkan bagaimana adab dan doa saat berada di masjid dan apa saja ruangan yang ada di musholla.

Dan tibalah kami melaksanakan kegiatan manasik haji. Para guru sudah lengkap dengan pakaian ihrom untuk nanda kami siapkan pakaian ihrom, tanda pengenal dan kain warna sesuai kelompoknya. Ananda pun mengikuti urutan manasik haji yang dimulai dengan membaca niat bersama,lalu sholat dua rokaat dan mendengarkan khutbah. Setelah itu ananda melempar jumroh, jumrotul ula, jumrotul wustho, jumrotul akobah. Selanjutnya ananda menuju Kabah untuk melakukan Thawaf (berjalan mengelili kabah) dan melalui bukit Shafa dan Marwah untuk Sai (berlari). Dan diakhiri dengan menggunting rambut (tahalul), penyembelihan hewan kurban dan minum air zam-zam.

Semoga ananda kelak menjadi Haji yang sesungguhnya. Amin. (Panji TK)

 

Gallery KB-TK

  • carakterday.PNG
  • karwis1.PNG
  • karwis2.PNG
  • karwis3.PNG
  • karwis4.PNG
Twitter icon

Follow @ddidaktika on Twitter

Loading..