BEDAH BUKU

Kategori: Berita Kegiatan SD Dibuat: 07 Februari 2018
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 623

bedah buku

DD-News, Depok. Mengawali tahun 2018, Yayasan Dian Didaktika melalukan  kegiatan pembinaan guru dan karyawannya dengan menyelenggarakan Bedah Buku pada tanggal 19 Januari 2018 di Aula TK Islam Dian Didaktika. Kali ini, buku yang dibedah merupakan karya Prof. Rhenal Kasali yang berjudul “Self Driving” menjadi Driver atau passenger ?. Menjadi narasumber adalah Ardiansyah, S,s dan Astrie Nur Wisudawati, M.Pd. keduanya merupakan guru SMA Islam Dian Didaktika.

Dalam paparannya kedua narasumber menjelaskan bahwa self driving merupakan sebuah sikap hidup. setiap orang memiliki kesempatan memilih menjadi sosok dengan kepribadian driver atau passenger dalam menjalankan kehidupannya saat ini dan akan datang.

Sosok dengan kepribadian driver memiliki karakter inisiatif,  kreatif, dan bertanggung jawab. Sosok ini mencerminkan kemampuan seseorang untuk mendrive atau mendorong dirinya sendiri, orang lain dan lingkungannya untuk melakukan perubahan yang baik dalam setiap langkah kehidupannya.

Sosok dengan kepribadian passenger mencerminkan sikap seseorang yang memiliki ego yang tinggi, tidak berani mengambil resiko terhadap dampak dari sebuah keputusan, lebih suka menyalahkan orang lain terhadap hasil yang diperoleh dan karakter lainnya yang mencerminkan ketidakmampuannya untuk mengontrol diri sendiri bagi kemajuan dirinya.

Untuk menjadi seorang dengan kepribadian driver yang hebat (geat driver) maka perlu lebih dahulu melalui tahapan menjadi seorang passenger yang hebat (great passenger). Berlatih tidak reaktif terhadap rangsangan dari luar, selalu mengisi kekosongan waktu dengan kegiatan yang sia-sia, punya inisiatif tinggi, menjadi cara mempersiapkan diri menjadi sosok driver yang hebat.

Pelatihan terhadap diri sendiri secara berkelanjutan akan membentuk kebiasaan-kebiasaan baik. Kebiasaan-kebiasaan baik akan melahirkan disiplin diri yang kuat untuk melakukan perubahan. Dan pada akhirnya akan membentuk persepsi diri yang baik dan rasa hormat kepada orang lain.

 

Twitter icon

Follow @ddidaktika on Twitter

Loading..

Galeri Foto