Pesantren Bina Akhlak Mulia 2018

Kategori: Berita Kegiatan SD Dibuat: 19 Desember 2018
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 336

DSC 0128

Depok, DD News – Pada tanggal 8 – 10 Agustus 2018 siswa-siswi kelas 5 dan 6 SD Islam Dian Didaktika telah mengikuti rangkaian kegiatan Pesantren Bina Akhlak Mulia yang bertempat di Serua Green Village, Bojongsari, Ciputat, Tangerang Selatan. Siswa dan siswi yang ikut serta dalam kegiatan tersebut secara keseluruhan berjumlah 190 orang.

Selama tiga hari mereka mengikuti berbagai kegiatan bermanfaat yang dikemas dalam tema “Be Responsible to Yourself”. Berbagai kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk ceramah, tausiyah, kelas kolaborasi, games, hingga outbound.

Kali ini kegiatan Pesantren Bina Akhlak Mulia bekerja sama dengan sebuah lembaga training yang sudah berpengalaman, Yakni Mental Coaching Character (MC2). Kak Rio menjadi moderator utama selama kegiatan berlangsung.

Tema “Be Responsible to Yourself” sengaja diusung agar siswa-siswi belajar untuk lebih memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri agar menjadi agen perubahan untuk  lingkungan sekitarnya. Diharapkan, sikap ini tidak hanya terlihat di lingkungan sekolah dengan pengaruh dan pengawasan guru, tetapi juga mampu dirasakan oleh orang tua di rumah tanpa paksaan atau pengaruh apapun. Artinya sikap tersebut mampu menjadi karakter dan kebiasaan siswa-siswi.

DSC 0330

Kegiatan dibuka dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Kepala SD dan jajaran pengurus Yayasan Dian Didaktika. Penyematan nametag secara simbolik oleh Bapak Hendroko yang mewakili Yayasan Dian Didaktika menjadi pertanda resminya kegiatan tersebut dimulai. Kemudian, acara dilanjutkan dengan hiburan senandung vokal oleh ananda Naya dan Nindy.

Selanjutnya siswa-siswi mencari kelompok kamar dan kelompok belajarnya masing-masing yang dikemas dalam games. Setelah menaruh barang-barang dan istirahat sejenak, mereka melanjutkan kegiatan, seperti tausiyah, kelas kolaborasi, dan berbagai kegiatan. Tak terasa hari sudah malam. Mereka pun kembali ke kamarnya masing-masing. Esok paginya mereka bangun untuk bersiap menunaikan salat tahajud dan salat subuh.

Seluruh kegiatan benar-benar dapat membuat siswa-siswi belajar untuk mengendalikan diri dan juga bekerja sama dengan kelompoknya. Kegiatan tak hanya serius, tetapi juga menyenangkan.

Alhamdulillah kegiatan Pesantren Bina Akhlak Mulia berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan Pesantren Bina Akhlak Mulia tahun ini dapat memberikan pelajaran berharga bagi siswa-siswi . (Selvi)