Penerapan Student Led Conference dalam Pengambilan Rapor

Kategori: Berita Kegiatan SD Dibuat: 19 Desember 2018
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 393

DSC 0183

Depok, DD News—Sejak tahun ajaran 2017/2018 SD Islam Dian Didaktika menerapkan sebuah metode baru dalam pengambilan rapor yang dikenal dengan istilah student led conference. Apabila biasanya orang tua berhadapan langsung dengan guru yang memberikan penjelasan tentang perkembangan belajar siswa, kini siswa sendiri yang menyampaikan perkembangan belajarnya.

Memasuki tahun ajaran 2018/2019, student led conference diterapkan dalam pengambilan rapor tengah semester. Siswa melaporkan secara langsung perkembangan belajar mereka kurang lebih selama tiga bulan.

DSC 0165

Sebelumnya, siswa telah melakukan persiapan sebelum melakukan student led conference. Mereka menyiapkan presentasi dalam bentuk powerpoint ataupun mind map. Selain itu, mereka pun menyiapkan portofolio untuk menunjukkan hasil belajar mereka. Semua persiapan yang dilakukan oleh siswa dibimbing oleh guru kelas masing-masing.

Metode disambut positif oleh para orang tua siswa. Mereka menganggap bahwa metode seperti ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi. Dengan student led conference orang tua dapat langsung mengetahui apa yang menjadi pencapaian dan hambatan anaknya dalam belajar yang diungkapkan langsung oleh anak tersebut.

Alhamdulillah student led conference di tengah semester satu tahun ajaran 2018/2019 berjalan dengan lancar. Semoga selanjutnya dapat lebih baik lagi. (Selvi)