SAMBUT KUNJUNGAN ELTHAM HIGH SCHOOL AUSTRALIA, SMA ISLAM DIAN DIDAKTIKA PERKENALKAN BUDAYA BANGSA

Kategori: Berita Kegiatan SMA Dibuat: 21 November 2017
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 74

kunjungan eltham

DDNews—Depok, 25 Oktober 2017. Pendidikan berperan sebagai salah satu media pengenalan budaya baik nasional maupun internasional. Sekolah sebagai unit pendidikan memiliki peluang untuk berperan aktif mengenalkan seni dan kebudayaan bangsa baik kepada sesama warga negara Indonesia maupun kepada warga negara luar yang berkunjung ke sekolah. Salah satu contohnya yaitu yang dilakukan oleh Yayasan Dian Didaktika saat menyambut kunjungan dari sekolah Eltham, Australia.

26-28 September 2017 menjadi waktu yang sangat mengesankan bagi sekolah Islam Dian Didaktika karena dikunjungi oleh sekolah luar negeri, Eltham High School Australia. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan kedua Eltham ke Dian Didaktika, setelah 2 tahun lalu, sekolah tersebut pun mendatangi SMA Islam Dian Didaktika bersama 20 siswa-siswi, 3 orang tua, 1 guru dan wakil kepala sekolah Eltham, Tim Natoli. Tahun 2017, Tim kembali mengunjungi Dian Didaktika bersama Mrs. Cara Skeen, guru bahasa Indonesia Eltham dan guru sejarah kebudayaan internasional Eltham. Dari kunjungan tersebut, kita mendapatkan sebuah informasi berharga bahwa bahasa Indonesia telah banyak dipelajari bangsa lain, salah satunya Australia. Kunjungan Eltham ke Indonesia pun menyisipkan misi pengembangan bahasa Indonesia siswa-siswi mereka yang mengikuti kursus pelajaran bahasa Indonesia.

Pukul 09.00 WIB, rombongan Eltham tiba di SMA Islam Dian Didaktika. Pada kesempatan ini, SMA memutar video kunjungan mereka dua tahun lalu yang penuh dengan pengalaman menarik dan hal-hal lucu sebagai penyegar lelah perjalanan yang jauh. Kemudian, satu per satu siswa-siswi Eltham bergantian memperkenalkan diri dengan menggunakan sedikit bahasa Indonesia yang sudah mereka pelajari dan satu hal yang dapat diambil sebagai pelajaran yaitu setiap siswa-siswi Eltham menjadikan baca buku sebagai hobi tambahan mereka.

Pukul 10.00-11.30 WIB rombongan memasuki auditorium Dian Didaktika untuk menyaksikan berbagai pertunjukan seni tari maupun lagu daerah. Pada kesempatan ini sekolah memperkenalkan beberapa tarian tradisional Indonesia kepada sekolah Eltham. Mereka sangat kagum melihat bagaimana kebudayaan di Indonesia begitu kaya dan unik. Salah satu tarian yang sangat berkesan bagi mereka adalah tari Saman atau yang mereka sebut dance of thousand claps yang begitu dinamis dan cepat.

Setelah makan siang, rombongan kemudian dijemput oleh house family atau keluarga siswa-siswi SMA Islam Dian Didaktika yang berkenan menerima satu hingga dua siswa-siswi Eltham untuk menginap di rumah mereka. Kesempatan langka ini pun disambut positif oleh orang tua siswa-siswi dikarenakan tidak banyak kesempatan seperti ini hadir dimana anak-anak mereka bisa bertukar pengalaman, pelajaran, serta persahabatan dengan siswa-siswi dari sekolah luar negeri. “Kapan lagi punya anak bule”, canda salah satu orang tua house family.

Selain pertunjukan seni dan budaya, di hari kedua, SMA Islam Dian Didaktika pun mengajak Eltham ke Taman Mini Indonesia Indah melihat beberapa anjungan khas Provinsi di Indonesia, melihat film dokumenter 3D mengenai Budaya Indonesia, mengenal lebih dekat DKI Jakarta sebagai pusat pemerintahan Indonesia, serta mengikuti sanggar tari Betawi dimana siswa dan guru Eltham belajar tarian Betawi. Mereka semua sangat senang dan menikmati perjalanan kunjungannya.

Kunjungan sekolah Australia ini pun menjadi kesempatan yang berharga bagi seluruh unit sekolah Islam Dian Didaktika mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA Islam Dian Didaktika serta bagi perwakilan POMG dan beberapa orang tua yang ikut menyambut meriah kedatangan sekolah Eltham ke Dian Didaktika, sekolah yang senantiasa menjaga kebudayaan bangsa serta nilai-nilai toleransi antar umat beragama.

 

Gallery SMA

  • Band-Papercut.jpg
  • Band.jpg
  • Film-RPN-NABIL.jpg
  • film.jpg
  • JIHAN-MUMTAZ.jpg
  • Karakter-Anime.jpg
  • Robotik.jpg
Twitter icon

Follow @ddidaktika on Twitter

Loading..

Galeri Foto