APLIKASI RIIL PELAJARAN PKWU, KELAS X SMA ISLAM DIAN DIDAKTIKA MENANAM JAGUNG DI KEBUN SEKOLAH

Kategori: Berita Kegiatan SMA Dibuat: 21 November 2017
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 90

entre 1entre 2

Siswa siswi kelas X SMA Islam Dian Didaktika menanam jagung di kebun sekolah

DDNEWS—September 2017, Depok. David McClleland, seorang psikolog sosial Amerika Serikat, mengemukakan bahwa sebuah negara yang ingin makmur harus memiliki minimal sejumlah 2% wirausahawan dari keseluruhan jumlah penduduk. Badan Pusat Statistik (BPS) 2016 menerangkan bahwa dari 252 juta penduduk Indonesia, jumlah wirausaha non-pertanian mencapai 7,8 juta orang atau 3,1 persen. Rasio ini masih lebih rendah dibandingkan dengan negara lain seperti Malaysia 5 persen, China 10 persen, Singapura 7 persen, Jepang 11 persen maupun AS yang 12 persen.

Sehubungan keadaan tersebut, pemerintah Indonesia melalui bidang pendidikan mengamanahkan pelajaran prakarya dan kewirausahaan (PKWU) untuk menumbuhkan minat dan bakat siswa-siswi dalam dunia kewirausahaan.

Tahun 2017, SMA Islam Dian Didaktika memulai pembelajaran PKWU (Prakarya dan Kewirausahaan) melalui praktek kerja nyata dimulai dari proses paling awal yaitu produksi bahan baku. Dalam hal ini, siswa dan siswi SMA Islam Dian Didaktika memanfaatkan lahan kosong di kebun sekolah untuk ditanami jagung. 4 bulan mendatang, hasil panen dapat dimanfaatkan siswa dan siswi untuk membuat prakarya baik hasil olahan ataupun bentuk kreativitas usaha lainnya.

Melalui kolaborasi pelajaran PKWU, Seni Budaya dan TIK, siswa dan siswi SMA Islam Dian Didaktika pun mengembangkan softskill dan kreativitas desain packaging produk yang dihasilkan.

Diharapkan melalui kegiatan ini, siswa dan siswi SMA Islam Dian Didaktika dapat mengembangkan tidak hanya pemahaman teoritis dan praktek PKWU melainkan juga sikap dan karakter unggul.

entre 3

Entrepreneur day SMA Islam Dian Didaktika

Selain kegiatan menanam jagung, siswa dan siswi SMA Islam Dian Didaktika pun mengadakan entrepreneur day yang berlokasi di lapangan SD Islam Dian Didaktika. Selain menentukan jenis produk yang dijual, siswa dan siswi pun dilatih merancang desain layout stand yang menarik serta tata pelayanan pelanggan yang baik.(Ars)

 

Gallery SMA

  • Band-Papercut.jpg
  • Band.jpg
  • Film-RPN-NABIL.jpg
  • film.jpg
  • JIHAN-MUMTAZ.jpg
  • Karakter-Anime.jpg
  • Robotik.jpg
Twitter icon

Follow @ddidaktika on Twitter

Loading..

Galeri Foto