156 Film dari Penjuru Tanah Air Ramaikan “Dian Didaktika Film Festival Short Movie Competition”

Kategori: Berita Kegiatan SMA Dibuat: 19 Desember 2018
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 63

dddddddddd

Dd News – Depok.  156 film dari pelajar SMP dan SMA sederajat ikut meramaikan kompetisi Dian Didaktika Film Festival (DDF) yang diadakan oleh siswa SMA Islam Dian Didaktika.  Dian Didaktika Film Festival ini merupakan kompetisi film pendek  untuk siswa  tingkat SMP dan SMA sederajat se Indonesia.  Kompetisi ini terdiri dari lomba film, workshop film, coaching clinic, screening, temu komunitas film pelajar dan awarding night.

Kompetisi film  yang diketuai oleh Lunetta Salmanissa ini merupakan wadah pengembangan berkesenian dalam bidang seni perfilm di kalangan pelajar di tingkat nasional.  Pelaksanaan DDF 2018  bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Film (Pusbangfilm) Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)  Republik Indonesia serta Direktorat jenderal Hak kekayaan Intelektual (DJKI).

Launching DDF dan pendaftaran lomba film berlangsung pada 1 Mei – 3 September 2018. Pada saat pendaftaran terdaftar 156 film dari seluruh penjuru tanah air. Peserta kompetisi terdiri dari 94 sekolah dari Sumatera, Jawa, dan Lombok. Dari semua film yang terdaftar terkategori pada genre horor, drama, komedi, dan action thrailer.  Workshop film dilaksanakan pada 21 Agustus 2018 Graha Utama Gedung A Lantai 3 Kemdikbud. Workshop film terselenggara dengan baik dan didukung oleh para tokoh perfilm Indonesia seperti Slamet Rahardjo, Reza Rahardian, Dewi S. Alibasah, Wregas Banutedja.

Kegiatan penjurian lomba film diawali dengan pemilihan 20 besar film dari seluruh peserta pada tanggl 26 September 2018.  Selanjutnya dari 20 film terbaik dilanjutkan dengan proses penjurian selanjutnya yang berlangsung pada 3 Oktober 2018 di Teater Direktorat jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJKI). Dewan juri dalam tahapan ini terdiri dari David Lukmansyah (editor), Wregas Banutedja (sutradara), Tomy W. Taslim (kurator dan penggerak filmpelajar.com) dan perwakilan dari DJKI

Screening  20 film terbaik dilaksanakan di gedung teater DJKI dan dilanjutkan dengan berbagi pengalaman proses kreatif selama produksi. Temu komunitas film dilaksanakan pada 19 Oktober 2018. Kegiatan ini merupakan media komunikasi sesama pecinta film khususnya kalangan pelajar.  Dengan berbagi pengalaman pada temu komunitas ini diharapkan dapat saling membantu di segala bidang yang berkaitan film. Sedangkan malam awarding diselenggarakan di SMA Islam Dian Didaktika pada 20 Oktober 2018 untuk memberikan penghargaan untuk 20 film terbaik.  Penghargaan yang diberikan terdiri dari kategori Best Movie Drama, Horor, Comedy, Action Thrailer, Best Director, Best Script Writer, Best cameraman, Best Editor, Best Art, Best Poster.

 

Gallery Prestasi SMA

  • Band-Papercut.jpg
  • Band.jpg
  • Film-RPN-NABIL.jpg
  • film.jpg
  • JIHAN-MUMTAZ.jpg
  • Karakter-Anime.jpg
  • pak_pratik.jpeg
  • Robotik.jpg

Galeri Foto