Sang Juara Dunia Global IT Challenge Itu adalah Siswa SMA Islam Dian Didaktika

Kategori: Berita Kegiatan SMA Dibuat: 19 Desember 2018
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 268

ffffffffffffffff

Dd News – Depok.  Fayza Putri Adila, sang juara dunia Global IT Challenge, yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Dian Didaktika.  Fayza menjadi juara umum pada kompetisi Global IT Challenge (GITC) tingkat dunia di India November lalu.  Kompetisi ini digelar pada 8-12 November 2018. GITC ini diikuti oleh 18 negara dari Asia Pasifik dan Eropa dengan 100 peserta. 

GITC 2018 merupakan kompetisi IT bagi para penyandang disabilitas. Fayza dan Tim Indonesia didampingi oleh Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Komunikasi dan Informatika serta  Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Indonesia.

               GITC pertama kali digelar di Hanoi, Vietnam pada tahun 2011, dan  pernah digelar di Jakarta, Indonesia  pada tahun 2015.

Pada kompetisi GITC 2018 ini, selain merebut juara umum, Fayza menjadi pemenang wanita pertama, pemenang tuna rungu pertama, pemenang Global IT leader termuda, dan satu satunya team leader wanita pertama sepanjang kompetisi GITC digelar.

Pada kompetisi ini Fayza berhasil menjuarai 4 kategori individu selain kategori tim.  Kategori yang dimaksud adalah kategori eTool Challenge, eLifemap Challenge, eContents Challenge, dan eCreatives Challenge.  Juara kategori tim dan individu ini mengukuhkan Indonesia sebagai juara umum kompetisi GITC tahun ini.  Untuk kategori kelompok, tim terdiri dari empat disabilitas.

Sekilas Tentang  Fayza

Fayza Putri Adila, yang dilahirkan pada 30 Juli 2002 merupakan putri kedua dari Bapak Aslan Asri dan Ibu Khadijah Farid.  Fay, begitu panggilannya,  terlahir sebagai anak kedua.  Fay sebetulnya memiliki satu kakak, namun kakak Fay meninggal dunia beberapa jam setelah dilahirkan.

Bakat dan kecintan Fayza terhadap IT sudah terlihat sejak TK. Ketika itu Fay suka  membuat lagu ciptaannya di power point. Sejak saat itu Fayza sudah mengenal komputer. Kemampuan komputer Fayza makin berkembang ketika di SMP.  Saat itu Fayza menjadi juara 1 pada lomba ICT Infinity Innovation Award di tahun 2015-2016, dan menjadi juara favorit untuk tahun 2015-2016 di sekolahnya.  Selain itu Fayza bersama kakak kelasnya juga pernah menjuarai lomba Adobe Flash se kota Depok.

Ketika di Sekolah Menengah Atas SMA Islam Dian Didaktika, Fayza berkesempatan mengikuti Jambore TIK di tahun 2017 yang diadakan oleh Kominfo.  Selanjutnya pada tahun 2018 ini Fayza ikut serta dalam kompetisi GITC di Indiamengantarkan Fay menjadi Juara Dunia.

Dalam kesehariannya di sekolah, Fayza dikenal sebagai siswa yang disiplin dan santun. Setiap proses kegiatan belajar diikutinya dengan penuh semangat. Fayza adalah anak yang cerdas.  Di kelas Fayza selalu menduduki rangking 1. Dalam tugas berkelompok, Fayza seringkali menjadi Leader bagi teman sekelompoknya.  Kelebihan team work yang dimiliki Fayza ini dibuktikan dengan terpilihnya Fayza sebagai Global IT Leader termuda pada kompetisi 2018.

Perbedaan dan keterbatasan yang ada pada Fayza tak sedikitpun menyurutkan semangat belajarnya. Fayza tumbuh sebagai siswa yang percaya diri, Fayza adalah siswa dengan semangat dan  ketekunan yang patut menjadi teladan bagi siswa lainnya. Selamat untuk ayah dan ibu Fayza.  Selamat Fay, semoga dapat menginspirasi teman-teman dan generasi muda lainnya.(rimeya)

 

Gallery Prestasi SMA

  • Band-Papercut.jpg
  • Band.jpg
  • Film-RPN-NABIL.jpg
  • film.jpg
  • JIHAN-MUMTAZ.jpg
  • Karakter-Anime.jpg
  • pak_pratik.jpeg
  • Robotik.jpg

Galeri Foto