Tingkatkan Kemampuan Komunikasi, Siswa SMA Islam Dian Didaktika Laporkan Hasil Belajar melalui Student Led Conference (SLC)

Kategori: Berita Kegiatan SMA Dibuat: 19 Desember 2018
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 49

sss

Dd News – Depok. Untuk melaporkan hasil dan perkembangan belajar siswa mid semester Ganjil Tahun Ajaran 2018-2019  kepada orang tua, SMA Islam Dian Didaktika melakukan program Student Led Conference (SLC). Pada Student Led Conference ini, siswa mendapat kesempatan mengkomunikasikan kepada orang tua dan guru mengenai performance belajarnya, kekuatan dan kelemahannya dalam belajar, bahkan membuat perencanaan diri di masa mendatang. Hal ini memberikan kesempatan siswa untuk turut bertanggung jawab atas proses akademis yang mereka lalui. Berbeda dengan kebanyakan proses evaluasi performance belajar, evaluasi yang didapatkan orang tua melulu berasal dari perspektif guru. Sedangkan murid sebagai pelaku dalam proses pendidikan itu sendiri tidak mendapat kesempatan untuk menyampaikan perspektifnya. Selain itu, Student Led Conference membuka kesempatan untuk komunikasi yang jujur dan terbuka antara guru, orang tua, dan murid.

Siswa membutuhkan waktu untuk menyiapkan arsip dan bahan presentasi yang akan disampaikan kepada orang tua mereka. Media yang digunakan berupa powerpoint yang sudah dipersiapkan sebelumnya.  Setiap siswa mempresentasikan tentang perkembangan mereka dalam menghafal alquran dan pelajaran yang mereka minati.   Beberapa hal yang disampaikan adalah tentang kendala, tantangan serta hal-hal menarik apa saja yang mereka temui dalam pelajaran yang mereka minati tersebut. Orang tua sangat mengapresiasi program SLC ini, hal ini terlihat dari antusiasme mereka dalam mendengarkan paparan siswa, beberapa orang tua bahkan ada yang mendokumentasikannya sebagai bentuk apresiasi kepada anak mereka. (rimeya)

 

Gallery Prestasi SMA

  • Band-Papercut.jpg
  • Band.jpg
  • Film-RPN-NABIL.jpg
  • film.jpg
  • JIHAN-MUMTAZ.jpg
  • Karakter-Anime.jpg
  • pak_pratik.jpeg
  • Robotik.jpg

Galeri Foto