Aktivitas Anak Pramuka Zaman Now

Kategori: Berita Kegiatan SMP Dibuat: 10 April 2018
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 987

pra

DD-News, Depok. Memasak merupakan keahlian hidup yang tidak harus hanya dikuasai oleh kaum perempuan. Dewasa ini banyak kita lihat acara memasak yang ditayangkan di media sosial lebih banyak menampilkan juru masak, atau disebut chef, laki-laki daripada perempuan. Keahlian ini memang keahlian yang sebaiknya dikuasai oleh setiap orang tanpa memandang gender. Hal itu karena kebutuhan makan diperlukan oleh setiap orang. Karenanya, keahlian mempersiapkan makanan atau memasak harus dikuasai oleh setiap orang zaman sekarang.

Keahlian memasak merupakan keahlian yang bisa dipelajari baik secara formal maupun informal, bahkan mulai usia dini. Dalam Pramuka, keahlian ini dijadikan sebagai standar kecakapan umum yang harus dikuasai oleh anggotanya. Baru-baru ini, Pramuka SMP Islam Dian Didaktika mengadakan kegiatan memasak bagi seluruh Pramuka Penggalang Kelas 7 dan 8.  Ujian Kecakapan Khusus Juru Masak ini dipersiapkan selama dua minggu. Pada pekan sebelumnya, Pak Diki selaku Pembina Pramuka SMP memberikan pengarahan bagaimana mempersiapkan alat masak dan antisipasi hal-hal berbahaya yang mungkin terjadi. Selanjutnya untuk teknis kegiatan, Pak Diki hanya memberikan informasi melalui para ketua regu. Meskipun begitu, hal ini sangat efektif karena para penggalang bersemangat menyambut kegiatan ini.

Rabu, 21 Maret 2018 pun tiba. Keseruan berlangsung sejak pukul 10.30. sebanyak 26 regu dari kelas 7 dan 8 bersiap. Mulai dari persiapan tempat memasak, menyiapkan bahan, sampai menata meja mereka lakukan sendiri. Para Pembina hanya mengawasi dan memberi saran apabila mereka mengalami kesulitan pada prosesnya. Menyesuaikan dengan perkembangan zaman menu yang disajikan pun bernuansa kekinian: ayam geprek, ayam keju, cumi kalamari, martabak mi, serta ayam goring tepung menjadi menu andalan mereka dengan menu pendamping yang merupakan makanan hits saat ini. Memang pramuka zaman now harus tampil menyesuaikan perkembangan zaman. Semoga kegiatan ini menghasilkan pribadi mandiri, kerja keras, kesabaran, dan tentunya keahlian memasak yang berguna dalam kehidupan mereka nantinya. (/esha)

 

Galeri Foto