Pelatihan Pengembangan Spiritual SMP Islam Dian Didaktika

Kategori: Berita Kegiatan SMP Dibuat: 29 November 2018
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 37

spiritual smp

Depok—DDNews, Pada bulan September lalu SMP Islam Dian Didaktika kembali mengadakan pesantren kilat atau yang kini disebut pengembangan spiritual siswa. Kegiatan tersebut diselenggarakan bekerja sama dengan lembaga Daarut Tauhid dan bertempat di Bumi Perkemahan Cikole, Lembang Bandung. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai Selasa (4/9/2018) tersebut dilaksanakan secara out door.  Konsep acara pun dibuat berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada kegiatan kali ini, salah satu targetnya adalah penanaman pemahaman karakter baik, sekaligus kuat pada anak didiknya.

spiritual 1jpgspiritual 2

Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan para siswa senantiasa berkaitan dengan pembiasaan baik mulai dari hal sederhana, seperti  menjaga kebersihan lingkungan, buang sampah pada tempatnya, dan aktivitas sunah lainnya yang ada dalam keseharian. Bukan hanya itu, salat berjamaah, salat tahajud, tadarus quran, serta salat Dhuha diharapkan menjadi ibadah yang tetap dilakukan pasca-Ramadan. Setiap materi telah dirancang agar sejalan dengan visi dan misi sekolah sehingga  target yang ingin dicapai dapat terlaksana.

Para siswa belajar dekat dengan alam. Bukan hanya pada siang hari, tetapi juga ada aktivitas malam. Satu yang menarik adalah solo bivoac. Pada aktivitas ini, para peserta diberi kesempatan untuk membangun tenda sendiri yang terbuat dari ponco yang mereka bawa. Menginap sendiri dengan jarak yang diatur satu sama lain. Kegiatan ini bertujuan membangun kemandirian, keberanian para siswa, serta rasa dekat dengan Allah swt. (/esha)

 

Galeri Foto