Ekspedisi Edukasi Cirebon

Kategori: Berita Kegiatan SMP Dibuat: 30 November 2018
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 29

cirebon6

Depok-DDNews. Selasa pagi (30/10/2018) siswa kelas 8 SMP Islam Dian Didaktika berkumpul di lapangan parkir Dian Didaktika sejak pukul 04.30 WIB sampai akhirnya waktu keberangkatan pukul 05.00 WIB. Sebanyak 111 orang siswa akan mengadakan wisata edukasi ke wilayah Cirebon.

cirebon1cirebon5

Destinasi pertama rombongan ini adalah Balai Besar Padi. Lokasinya masih di sekitar Subang, Jawa Barat. Setelah disambut perwakilan BB Padi, anak-anak diarahkan berkumpul di auditorium. Ruangannya nyaman ber-AC. Acara pertama adalah pemaparan program BB Padi yang disampaikan oleh Pak Agus Guswara, selaku Kepala Seksi Pendayagunaan Hasil Penelitian Padi. Anak-anak sangat antusias mendengarkan pemaparan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa pertanyaan yang diajukan anak-anak. Setelah presentasi, anak-anak diberikan waktu untuk membuat vlog seputar kunjungan BB Padi. Di tempat ini juga anak-anak makan, kemudian salat jamak Zuhur dan Asar.

 cirebon3cirebon

Melintasi daerah Indramayu, rombongan berhenti sesaat di Pantai Tirtamaya sekitar pukul 14.00 WIB. Kodisi pantai saat itu sepi sehingga menjadi lebih bisa dinikmati. Anak-anak diperbolehkan berenang dengan catatan tidak melepas baju bagi putra. Anak-anak memanfaatkan waktu yang disediakan panitia dengan bermain perahu, berenang, dan makan kudapan yang ada di sekitar pantai. Anak-anak juga berfoto per kelas dan mengabadikan keindahan Tirtamaya dengan ponselnya.

Lokasi berikutnya adalah sentra batik Trusmi. Mereka sampai di batik Trusmi sekitar pukul 17.00 WIB. Banyak anak yang berbelanja batik di sini. Harga di sini cukup bersahabat. Selain pakaian, di sini menjual juga cinderamata khas Cirebon.

cirebon4

Destinasi terakhir kunjungan di Cirebon adalah Keraton Kacirebonan yang dilaksanakan pada hari kedua. Ada sedikit kendala saat hendak masuk ke keratin karena  terdapat persiapan kegiatan Maulid Nabi. Dampaknya adalah di sepanjang jalan sudah banyak pedagang yang membuka lapaknya. Rombongan sempat tertahan di perjalanan. Akhirnya, mereka memilih untuk mengunjungi Keraton Kasepuhan. Area yang disinggahi, yakni rumah adat keraton yang jadi tempat tinggal Sultan. Di rumah tersebut terdapat pustaka dan peninggalan-peninggalan dari Sultan. Setelah itu, mereka memulai perjalanan pulang pukul 14.00 WIB. (/esha)

 

Galeri Foto