Belajar Seni dan Sejarah melalui Kunjung Museum

Kategori: Berita Kegiatan SMP Dibuat: 19 Desember 2018
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 230

k

Depok—DDNews. Oktober lalu, tepatnya Selasa (23/10/2018) selama tiga hari siswa kelas 9 SMP Islam Dian Didaktika berkunjung ke Yogyakarta dan sekitarnya untuk belajar dari objek-objek yang menjadi keunggulan wilayah tersebut. Aktivitas wisata edukasi ini merupakan program rutin SMP yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Salah satu objek wisata yang dikunjungi adalah Museum Ullen Sentalu. Museum seluas 1,2ha ini telah dua kali menjadi pilihan destinasi wisata edukasi SMP. Bukan hanya karena keindahan alamnya, melainkan juga karena Ullen Sentalu adalah museum yang menampilkan karya-karya budaya khas Jawa yang menawan, terutama peninggalan Kerajaan Mataram.

Museum Ullen Sentalu ini merupakan museum di Yogya yang dikelola oleh Yayasan Ulating Blencong. Di museum kebudayaan ini, para siswa belajar tentang peninggalan sejarah melalaui penjelasan yang disampaikan langsung oleh guide atau pemandu museum. Di museum ini, para siswa kelas 9 dapat dengan mudah melihat berbagai lukisan, alat musik tradisional, kumpulan foto, arsip surat, hingga kain-kain batik yang tersimpan dengan sangat rapi dan tertata apik. 

karwis

Selain Museum Ullen sentalu, destinasi wisata sejarah  lain yang dikunjungi adalah Candi Prambanan dan Museum Benteng van Den Berg. Sebagai salah satu peninggalan budaya zaman agama Hindu dan Budha yang masih berdiri, para siswa bisa melihat dan mempelajari arsitektur bangunan, sejarah Kerajaan Mataram, dan fungsi dari bangunan candi tersebut. Banyak relief dan patung yang menyimbolkan kehidupan sosial budaya masyarakat pada masa kerajaan Mataram. Sementara di Benteng van Den Berg, para siswa bisa melihat  sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada masa perang kemerdekaan melawan kedatangan sekutu dan pada masa pendudukan Jepang, terutama di daerah Yogyakarta. Bentuk peninggalan yang bisa disaksikan di musium ini berupa foto, peralatan saksi sejarah, diorama dan peninggalan lainnya.

Selanjutnya, siswa kelas 9 juga belajar menghargai seni melalui pertunjukkan tari, lewat  Sendra Tari Ramayana di pura wisata. Sendratari Ramayana yang berlokasi di Purawisata siswa bisa menyaksikan sendratari yang menceritakan kisah Rama dan Shinta yang diganggu oleh Rahwana. nilai yang bisa diambil dari cerita ini adalah kebaikan akan selalu mengalahkan kejahatan. Tujuan akhir perjalanan wisata edukasi ini adalah Wisata belanja malioboro. Kawasan  Malioboro adalah kawasan wisata belanja di Yogyakarta , di sini banyak UKM yang menjajakan hasil kerajinan dan souvenir khas Yogyakarta. Di lokasi ini para siswa juga bisa mempraktikkan pelajaran ekonomi dalam hal penentuan harga pasar melalui proses tawar menawar. (/esha)

 

Galeri Foto