Beranda / Berita / Kegiatan Parenting Online Kelompok TK A Islam Dian Didaktika

Kegiatan Parenting Online Kelompok TK A Islam Dian Didaktika

KB-TK 01 September 2020


Penerapan disiplin terhadap anak  usia dini  sangatlah penting . Untuk  menanamkan dan mengajarkan kedisiplinan kepada anak secara efektif  dibutuhkan cara dan komunikasi  yang baik antara orang tua dan anak. Disiplin akan tercipta jika orang tua memahami fitrah dan karakteristik  anak.


Bahwa orang tua yang membentuk kedisiplinan anak perlulah memiliki ilmu yang dapat menjadi dasar untuk menanamkan kedisiplinan . Dalam hal ini  lembaga Pendidikan TK Islam Dian Didaktika mengadakan parenting  secara  online untuk Kelompok A pada hari Rabu, tanggal 19 Agustus 2020, pukul 10.30-11.30 WIB.  Sebagai narasumber  adalah Psikolog  Sekolah Islam Dian Didaktika yaitu ibu Tenny Septiani Rachman M. Psi. Acara ini diikuti oleh orang tua murid Kelompok A TK Islam Dian Didaktika beserta para guru KB-TK Islam Dian Didaktika

Pada saat kegiatan ini dijelaskan agar terwujudnya  kedekatan  orang tua dan anak yang berkualitas dapat menggunakan cara “Positif Parenting” yang berprinsip "No bad kids, only bad behavior", fokus kepada hubungan yang penuh kasih sayang dan jauh dari kekerasan.  Tujuan dari positif parenting  untuk mengajarkan disiplin dengan membangun self-esteem anak dan mendukung hubungan orang tua anak yang saling menghormati

Dijelaskan juga bahwa kebutuhan perhatian (Attension) dan Kontrol (control) haruslah seimbang yang akan memudahkan untuk  mendapatkan perkembangan yang lebih baik, orang tua diharapkan proactive bukan reactive.

Lima hal yang menjadi Kunci Konsekuensi Efektif antara orang tua dan anak yaitu saling menghormati, memberi masukan ataupun member nasehat kepada anak dengan suatu hal yang berkaitan,  memberi gambaran ataupun alasan yang masuk akal, membuat suasana nyaman senang bagai anak, mengulang kembali hal-hal yang menjadi konsekuensi efektif.

Alhamdulillah kegiatan parenting online berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon yang baik dari orang tua. Hal ini terlihat dari keaktifan orang tua ketika diberikan kesempatan untuk bertanya.  Semoga kegiatan ini dapat menambah pemahaman kita semua sebagai pendidk, orang tua  dan juga sekolah dalam menerapkan kedisiplinan yang efektif bagi anak dan mendidik anak.

Penulis : Ruchi Konita (Unit KB TK Islam Dian Didaktika)