Beranda / Berita / KSN SMA ISLAM DIAN DIDAKTIKA RAIH PERAK DAN PERUNGGU NASIONAL

KSN SMA ISLAM DIAN DIDAKTIKA RAIH PERAK DAN PERUNGGU NASIONAL

SMA 06 November 2020


DDNews, Depok. Alhamdulillah. Arya Adhidarma dan Farkhandi Aridha, dua peserta didik SMA Islam Dian Didaktika yang lolos ke KSN tingkat nasional 2020, berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Arya berhasil meraih medali perak pada bidang Geografi, sedangkan Farkhandi berhasil meraih medali perunggu pada bidang kebumian.

Pencapaian Arya dan Farkhandi terbilang luar biasa. Pasalnya, untuk sampai ke tingkat nasional, kedua peserta didik harus lolos melewati tahapan seleksi dengan persaingan yang ketat mulai dari tingkat sekolah (KSN-S), tingkat kabupaten (KSN-K), tingkat provinsi (KSN-P), dan tingkat final yaitu tingkat nasional (KSN).



Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMA ini berlangsung secara daring hingga 17 Oktober 2020. Total peserta 9 bidang lomba KSN SMA 2020 adalah sebanyak 898 peserta yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Tahun ini, masing-masing bidang disiapkan Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional) sebanyak 30 medali yang terdiri atas 5 emas, 10 Perak dan 15 Perunggu. Ada 9 bidang yang dilombakan, yaitu: Astronomi 99 peserta, Biologi 100 peserta, Ekonomi 100 peserta, Fisika 100 peserta, Geografi 100 peserta, Informatika Komputer 99 peserta, Kebumian 100 peserta, Kimia 100 peserta, Matematika 100 peserta.

Di SMA Islam Dian Didaktika sendiri, pembinaan KSN telah menjadi program unggulan sejak 2017 dengan bidang Geografi dan Kebumian yang mencapai prestasi hingga ke tingkat nasional. Kendati berusia relatif muda, namun pembinaan KSN SMA Islam Dian Didaktika telah teruji dan terbukti sangat baik. (Ars)