Beranda / Berita / Menjelang Bulan Suci Ramadhan, SMA Islam Dian Didaktika Luncurkan Program Amaliyah Ramadhan Berbasis Daring

Menjelang Bulan Suci Ramadhan, SMA Islam Dian Didaktika Luncurkan Program Amaliyah Ramadhan Berbasis Daring

SMA 16 April 2020


Rafsa (kiri) dan Athalla (kanan), kelas XII, saat memimpin latihan khataman Al-Qur'an SMA Islam Dian Didaktika

DDNews, Depok, April 2020. Bulan suci Ramadhan segera tiba. Puasa hari pertama diprediksi jatuh pada 22 April 2020. Kendati demikian, pembelajaran pada bulan suci Ramadhan tahun ini akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19 yang tengah melanda tanah air.

Sejumlah kebijakan dan strategi pembelajaran pun harus dipersiapkan agar pembelajaran budi pekerti, peningkatan iman dan takwa, serta KBM jarak jauh di bulan suci Ramadhan dapat tetap berjalan baik.

Melalui berbagai aplikasi daring baik pesan teks maupun telekonferensi, SMA Islam Dian Didaktika luncurkan sejumlah program amaliyah Ramadhan mulai dari shalat Dhuha, tadarus Al-Qur'an, kultum, kajian Islam terkini seputar aspek-aspek kehidupan yang terpengaruh oleh wabah Korona, dan pembelajaran jarak jauh agar materi pelajaran yang ada dapat tetap diselesaikan.

Salah satu ide positif yang dikembangkan yaitu agar ananda dapat melakukan kultum bersama keluarga hingga memimpin shalat Tarawih berjamaah di rumah guna mengembangkan keterampilan verbal maupun mengamalkan surah-surah hafalan yang sudah dilakukan di sekolah. Sebagai sekolah Islam, SMA Islam Dian Didaktika terus berusaha mengembangkan pendidikan budi pekerti sesuai motto pendidikan Islam Dian Didaktika "Pendidikan Budi Pekerti Adalah Yang Pertama Dan Utama". (Ars)