Beranda / Mutiara Kehidupan / Harapan Orang Beriman

Harapan Orang Beriman

iman 26-February-2014



Apabila didalam dada seseorang telah tertanam keimanan yang kuat terhadap Allah Maha  Pencipta, maka  oarang-orang tersebut akan hidup dengan kehidupan yang penuh harapan. Mengapa demikian ?

Pertama- tama  Allah  adalah Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.  Dengan keimanan  di dada, seorang yang beriman dapat mengharapkan limpahan kasih dan sayang dari  Allah.

Berlandaskan kepada keyakinan kita, tidak ada  usaha kita yang lepas dari  campur  tangan  Allah, oleh karena itu maka setiap usaha perlu disertai do'a dengan  harapan bahwa usaha kita itu akan berhasil  dengan baik. Walaupun kita mengharapkan pertolongan dari Allah, namun kita harus berusaha dengan sekuat tenaga untuk keberhasilan usaha kita itu.

Dalam hubungan ini kita merujuk kepada

peringatan Allah dalam Al Quran, surat  Yusuf ( 12 ) ayat  87  sbb :

artinya : 

“Janganlah kamu berputus asa dari kasih sayang Allah, sebab sesungguhnya  tidaklah berputus asa dari kasih sayang Allah, kecuali kaum yang kafir“.

Dalam kehidupan kita, kita menjumpai bahwa kehidupan ini tidak selamanya mulus, kita sering menghadapi masalah- masalah, bahkan tidak jarang kita menjumpai kesulitan-kesulitan yang kadang tidak mudah untuk menyelesaikannya.   Menghadapi masalah dan kesulitan apapun bentuknya seorang yang beriman  akan selalu berusaha untuk 

mengatasinya, karena dia yakin  bahwa  Allah Yang Maha Kuasa  akan selalu memberikan jalan keluar dari kesulitan- kesulitan yang kita hadapi.

Dalam Al-Qur’an surat  At -Thalaq : 2 ,3,  Allah berfirman :

”Barang siapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rizqi dari arah yang tiada disangka – sangka.”

Apabila segala persoalan telah diketahui jawabannya dan  segala kesulitan yang dihadapi  telah ditemukan  jalan keluarnya maka  orang akan memperoleh kembali ketenangan.  Sebab Allah telah menyatakan dalam Al Quran, dalam Firmannya dalan surat  At – Taubah  : 26.

“Kemudian Allah menurunkan hidup yang tenang atas Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman “  ( At -Taubah : 26 ).

Disamping itu, seorang yang beriman memiliki  harapan  yang jauh kedepan, karena  orang yang beriman  meyakini adanya hari akhir atau hari kiamat.  Keyakinan akan adanya hari akhir atau hari pembalasan  ini menimbulkan harapan akan surga yang dijanjikan oleh Allah bagi orang-orang yang beriman. Disinilah perbedaan masa depan antara  orang- orang yang beriman dan orang-orang  yang tidak beriman atau kafir.  Dalam hal ini Allah berfirman dalam surat Al- Baqarah : 82 

“Dan orang-orang  yang beriman dan beramal sholeh,  mereka itulah penghuni surga“  ( Al- Baqarah  : 82 )

Dari uraian tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa  seorang yang beriman, yang diikuti dengan amal  sholeh, memiliki harapan untuk dapat hidup aman dan damai didunia  dan memperoleh kesempatan mendapatkan surga diakhirat nanti.

 Namun bagaimana kehidupan yang baik didunia serta kehidupan yang mulia itu dapat dicapai, segala sesuatu tentu saja tergantung kepada seberapa tinggi kualitas keimanan kita dan bagaiman  iman tersebut telah dapat  direalisasikan dalam bentuk amal ibadah dan perbuatan baik kepada sesama.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------