Program Pembinaan Karakter

Dilihat: 15894

PROGRAM PEMBINAAN KARAKTER/BUDI PEKERTI

Program pembinaan karakter yang dilakukan di SMP Islam Dian Didaktika bertujuan untuk memberikan bekal secara mental emosional dan spiritual kepada para siswa dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya. Dengan demikian, selain mampu mengembangkan diri secara intelektual, siswa diharapkan memiliki kemampuan mengatur dan mengontrol diri yang tinggi dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Islam yang telah dibiasakan dalam proses pembelajaran sehari-hari di sekolah.

Program Pembinaan karakter yang selama ini telah dilaksanakan dalam lingkungan pendidikan SMP, yaitu:

a. Ikrar Pagi, Kuliah Lima Menit (Kultum)

Kegiatan ini dilakukan saat sebelum pembelajaran dimulai. Setiap siswa memiliki kesempatan untuk menjadi pemimpin bagi siswa-siswa lainnya untuk membaca ikrar bersama. Selain itu, mereka memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pembicara dihadapan siswa-siswa lainnya dan guru dalam menyampaikan pendapat tentang berbagai hal, terutama yang berkaitan dengan nilai-nilai keislaman.

b. Sholat Dzuhur, dzikir dan Doa, Sholat Dhuha

Pembiasaan sholat berjamaah ini diharapkan dapat memupuk dan mengembangkan sikap mengutamakan kebersamaan dalam melakukan suatu kebajikan. Pada kegiatan ini setiap siswa juga memperoleh kesempatan untuk memimpin dzikir dan doa bagi siswa lainnya serta guru.

C. Warung Kejujuran (Wajur)

Warung kejujuran didirikan bersama siswa dan guru. Modal bersumber atas partisipasi seluruh siswa dan guru dengan nilai nominal mulai dari Rp.1000,- s/d Rp. 10.000,-. Kegiatan wajur mulai dibuka saat menjelang waktu istirahat pertama. Guru dan pengurus OSIS secara bergantian menyiapkan barang dan kebutuhan warung seperti ; makanan dan minuman ringan, serta alat tulis. Siswa harus melayani sendiri, baik membeli, membayar dan mengambil kembalian (jika perlu) pada kotak yang telah disiapkan, kemudian mencatat sendiri transaksi yang dilakukan. Program yang telah berjalan sejak tahun pelajaran 2008/2009, bertujuan membangun semangat dalam diri siswa untuk selalu memiliki kejujuran ada atau tanpa ada orang lain, kapan dan di manapun. Selain itu, diharapkan siswa dapat melatih sikap ketelitian/kecermatan dalam melakukan suatu pencatatan

D. Pemilihan Pelajar Terpuji

Kegiatan ini dilakukan dua kali dalam satu pelajaran, diakhir semester. Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa dan guru dalam proses pemilihan dan penetapan siswa yang dianggap memiliki kriteria sebagai pelajar terpuji, seperti: beribadah, kejujuran, bertanggungjawab, keberanian, kegigihan dan keuletan, kreatif, kepedulian, kedisiplinan, kebersamaan, dan kesederhanaan. Setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk terpilij sebagai pelajar terpuji sepanjang memiliki kriteria, dan berdasarkan hasil penilaian siswa lain dan guru. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi siswa menjadi pribadi yang berperilaku baik serta dapat menjadi contoh yang baik bagi orang lain.

e. Latihan Kepemimpinan Siswa

Kegiatan ini dilakukan secara rutin diakhir semester II, terutama bagi kelas 7. Fokus utama dari kegiatan ini adalah mengembangkan potensi kepemimpinan siswa, kerjasama tim dan kemampuan memecahkan masalah baik secara sendiri maupun bersama-sama. Kegiatan dilakukan secara indoor maupun outdoor.

f. Bakti Sosial

Kegiatan ini rutin dilakukan dua tahun sekali. Tempat yang akan menjadi lokasi kegiatan sosial ditentukan berdasarkan tingkat kebutuhan daerah/tempat tersebut, terutama daerah yang tergolong IDT. Untuk memperoleh dukungan dana bagi kegiatan ini, maka sejak tahun 2008, siswa dan guru menyelenggarakan kegiatan penggalangan dana, berupa pentas seni peduli sosial, atau sejenisnya Hal ini dilakukan untuk memotivasi siswa dan guru agar tidak terjebak pada perilaku "tangan dibawah", meski untuk sebuah kegiatan sosial.

g. Klub Minat dan Bakat serta Prestasi siswa

Klub ini dibentuk untuk memberikan wadah bagi pengembangan minat dan bakat serta prestasi siswa pada bidang-bidang tertentu yang mereka minati. Berdasarkan hal itu, maka klub-klub yang dibentuk meliputi:

  1. Klub bahasa Inggris, memfokuskan diri pada pembinaan kompetensi siswa dalam speech contest dan story telling.
  2. Klub bahasa Indonesia, memfokuskan diri pada pembinaan kompetensi siswa dalam mengarang/membuat artikel, membuat puisi, cerpen, dan membuat skenario drama.
  3. Klub vocal group / paduan suara, memfokuskan diri pada pembinaan kompetensi siswa dalam olah vocal dan persiapan tim paduan suara untuk berbagai kegiatan di dalam maupun di luar sekolah, seperti upacara hari besar nasional.
  4. Klub OSN (olimpiade), memfokuskan diri pada pembinaan kompetensi siswa dalam persiapan menghadapi kompetisi bidang matematika dan IPA serta olimpiade Sain (fisika,biologi, kimia) dan IPS Terpadu (sejarah, geografi, ekonomi), yang diselenggarkan secara berkala setiap tahun.
  5. Kelompok llmiah Remaja (KIR), memfokuskan diri pada pembinaan kompetensi siswa dalam kegiatan penelitian dasar dan sederhana serta pembuatan laporan ilmiah. Selain itu siswa yang terlibat dalam kegiatan ini diproyeksikan untuk mengikuti kegiatan lomba karya ilmiah remaja yang diselenggarkan setiap tahun oleh Kemendiknas bekerjasama dengan LIPI.

h. Wisata Edukasi

Program tahunan ini dilaksanakan dengan menekankan pada kegiatan pengamatan/observasi siswa pada tempat yang akan dikunjungi. Fokus pengamatan/observasi diprioritaskan pada kegiatan industri yang memiliki tingkat perkembangan yang cukup pesat. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa memiliki pengetahuan dan pemahaman yang luas, selain pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Tujuan lain yang diharapkan tercapai adalah untuk memotivasi siswa untuk memiliki dan mewujudkan impian/cita-cita. Bagi siswa kelas IX, tindak lanjut dari kegiatan wisata edukasi adalah membuat sebuah karya tulis yang mengangkat berbagai hal yang berkaitan dengan obyek pengamatan yang diobservasi selama kunjungan dilakukan.

Untuk memberikan kemudahan bagi siswa dalam membuat karya tulis,maka setiap siswa dibimbing oleh dua orang guru, yaitu pembimbing materi dan tehnis penulisan. Kemudian diakhir kegiatan bimbingan dilakukan uji karya tulis secara terbuka oleh guru pembimbing dan penguji.

i. Pesantren Ramadhan

Kegiatan tahunan ini biasanya dilaksanakan sebelum bulan Ramadhan, tetapi pada tahun pelajaran 2011 – 2012 ini dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Kegiatan ini menitikberatkan pada peningkatan kualitas mentalitas/karakter dan spiritual individu siswa untuk memperoleh kesuksesan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat membangun pribadi yang memiliki semangat berprestasi yang tinggi,dan memiliki etika terbaik terhadap orang tua, guru dan sesama.

j. Pembinaan Keputrian

Kegiatan keputrian dilaksanakan setiap hari jum'at , saat siswa putra melaksanakan kegiatan sholat Jum'at. Kegiatan ini menekankan pada pengembangan aspek pengetahuan dan ketrampilan serta kesiapan siswa putri secara mental tentang hal-hal yang berkaitan dengan tugas-tugas keputrian atau kerumah-tanggaan yang suatu saat akan dihadapi oleh mereka.

Program yang telah ditetapkan oleh tim Pembina Keputrian meliputi, antara lain:

  1. Pemahaman tentang tugas dan peran serta citra diri seorang wanita (remaja putri) dalam pandangan Islam,
  2. Pemahaman dan ketrampilan tentang pekerjaan rumah tangga yang harus dikuasai oleh wanita (remaja putri).

Kegiatan yang akan dilakukan meliputi :

  1. Diskusi/berbagi cerita, ceramah tentang permasalahan yang ditemui sehari-hari oleh remaja putri, baik dari siswa putri sendiri sebagai nara sumber maupun guru putri atau kalangan professional dan orang tua siswa
  2. Demo masak,menjahit/menyulam, dll oleh guru putri/kalangan orang tua disaksikan oleh siswa putri
  3. Demo masak,menjahit/ menyulam yang dilakukan oleh siswa putri dihadapan guru putri.

k. Mentoring

Kegiatan Mentoring merupakan kegiatan untuk siswa putra setiap hari Jum'at usai shalat Jum'at. Kegiatan ini merupakan penekanan pada pengembangan aspek pengetahuan dan kepribadian/mental siswa putra dalam menghadapi serbuan informasi. Perkembangan yang sangat cepat dalam bidang tehknologi yang sampai pada ranah pribadi dan pergaulan remaja memerlukan adanya benteng dalam mengurangi dampak yang bersifat negatif. Program ini akan dipandu oleh bapak-bapak guru dengan cara diskusi kelompok siswa.

l. Bimbingan Konseling

Layanan Bimbingan Konseling ditujukan untuk memberi bantuan kepada setiap siswa dalam menghadapi permasalahan, baik berkaitan dengan akademik, pergaulan antar teman, minat maupun karir/melanjutkan sekolah. Guru bimbingan konseling akan berkoordinasi dengan guru mata pelajaran, wali kelas, bidang kesiswaan , orang tua dan psikolog sekolah dalam menangani hal-hal tersebut . Selain itu, satu minggu sekali guru bimbingan konseling juga memiliki agenda melakukan tatapmuka dengan setiap siswa dalam satu kelas selama 1 jam pelajaran ( 40 menit ). Dengan demikian akan memudahkan siswa untuk berkonsultasi atau diskusi dan berbagi cerita dengan frekuensi yang relatif lebih sering.

m. Bimbingan Tahsin Qiro'ah

Layanan Bimbingan Tahsin Qiro'ah ditujukan untuk memberi layanan belajar membaca Al Quran dan pengetahuan dasar agama yang sifatnya wajib bagi semua siswa. Bimbingan Tahsin Qiro'ah akan dilaksanakan 2 kali seminggu, pada setiap hari Senin dan Kamis seusai pelajaran, mulai jam 15.00 s.d. 16.00. Pembagian kelas Bimbingan Tahsin Qiro'ah akan dilakukan setelah diadakan tes penempatan kelas sesuai dengan tingkat pemahaman siswa. Layanan bertujuan agar semua siswa dapat menguasai cara membaca Al Quran dan memiliki pengetahuan agama yang baik.