SD Islam Dian Didaktika Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2017

Kategori: Berita Kegiatan SD Dibuat: 19 Desember 2017
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 710

 

Oleh : Moh. Syahudin H

            Sinar matahari pagi yang bersinar cukup cerah, menghantarkan seluruh siswa kelas 1-6 SD Islam Dian Didaktika melangkah ke lapangan upacara. Seluruh siswa dengan didampingi oleh guru-guru , murid-murid KB dan TK Islam Dian Didaktika, pengurus yayasan, pengurus BP3, berkumpul duduk dilapangan upacara untuk menyaksikan minidrama yang diperagakan oleh guru-guru SD Islam Dian Didaktika.

            Minidrama yang disajikan oleh guru-guru mengangkat tema perjuangan Pangeran Diponegoro dengan judul “ Pahlawan dari Gua Selarong “. Minidrama yang dikemas secara apik ini menceritakan secara singkat perjuangan Pangeran Diponegoro dalam mempertahankan tanah kelahiranya dan mengusir penjajah Belanda yang sudah merusak tatanan nilai social, agama dan keraton. Akhir perjuangan sampai dengan wafatnya Pangeran Diponegoropun disajikan dengan menarik dan penuh makna sehingga banyak diantara siswa, guru, pengurus yayasan, dan orangtua siswa yang hadir menitikan air mata ikut terbawa emosi dalam duka yang dalam.

            Tampilan minidrama yang disajikan oleh guru-guru SD Islam Dian Didaktika adalah dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November secara serentak di tanah air. Kegiatan ini memiliki nilai edukasi yang sangat baik untuk siswa dalam menumbuhkan sikap nasionalisme, menghargai perjuangan para pahlawan bangsa, dan memberikan pengetahuan yang lebih kongkret tentang sejarah perjuangan para pahlawan.

Dalam minidrama ini telah tampil sebagai Pangeran Diponegoro Bapak Wasito, kemudian Bapak H. Amin dan pak hari sebagai prajurit. Sementara itu Pak  Agus, Pak Dwi, Pak Ramadien dan Pak Iman sebagai tentara belanda. Bertindak sebagai penulis naskah dan scenario adalah bapak Suryadi.

            Kegiatan berakhir tepat pada pukul 09.00 WIB ditutup dengan lantunan puisi perjuangan karya Toto Sudarto Bahtiar yang dibawakan oleh Ananda Aufa kelas 5 dan Ananda Keisya kelas 6. Minidrama ini mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari para penonton dengan pemberian tepuk tangan dan ucapan selamat. Semoga kegiatan ini mendapatkan manfaat yang positif dalam menumbuh kembangkan kreatifitas dikalangan guru dan siswa di samping semangat cinta tanah air… amiin.   

 

Galeri Foto