Peringatan Tahun Baru Islam 1439H dan Bulan Bahasa

Kategori: Berita Kegiatan SD Dibuat: 19 Desember 2017
Ditulis oleh Admin Web Dilihat: 714

tahun baru islam

Depok, DD News – Untuk memperingati tahun baru Hijriah, SD Islam Dian Didaktika mengadakan kegiatan Peringatan Muharram dengan berbagai rangkaian kegiatan. Di samping itu, kegiatan ini sekaligus menjadi momen untuk menyambut bulan bahasa. Oleh karena itu, berbagai bentuk kegiatannya selain bertema islami juga berhubungan dengan bahasa dan sastra.

Kegiatan Peringatan Muharram dan Bulan Bahasa tahun ini mengambil tema “Berbagi Melalui Ilmu yang Bermanfaat”. Ada pun kegiatan yang dilakukan adalah lomba-lomba, bazar buku, pelatihan menulis, serta pengadaan program satu buku satu anak.

Lomba-lomba yang diadakan antara lain lomba kaligrafi, azan, iqomah, mendongeng, membacapuisi, cerdas cermat, baca Alquran, dan asmaul husna. Para juri dan peserta lomba menempati lokasi lomba yang telah ditentukan. Seluruh peserta bersaing dengan semangat untuk dapat menunjukkan penampilan terbaik mereka.

Sementara itu, pada pukul 08.30 pengunjung terlihat mulai memadati GOR Dian Didaktika tempat diadakannya bazar buku. Bazar kali ini diisi oleh tujuh penerbit, yaitu Mizan, Erlangga, Gema Insani, Asta Ilmu, Serambi, Aksa Brahma Pustaka, dan Quadra.

Tak ketinggalan, pelatihan menulis yang diselenggarakan untuk siswa-siswi kelas 4 – 6 di Laboratorium IPA SD Islam Dian Didaktika pun mampu menambah kemeriahan acara. Pelatihan menulis ini dipandu oleh seorang penulis buku serial Kecil-kecil Punya Karya bernama Fayanna. Kebetulan Fayanna kini merupakan siswi kelas 7 SMP Dian Didaktika.

Para peserta pelatihan menulis terlihat antusias mengikuti seluruh sesi. Di akhir sesi Fayanna memilih sembilan tulisan terbaik yang dibuat oleh peserta pada saat pelatihan. Sembilan tulisan tersebut mendapatkan hadiah buku beserta tanda tangan Fayanna.

Pada kegiatan Peringatan Muharram dan Bulan Bahasa tahun ini siswa-siswi juga melakukan pengumpulan buku bekas layak baca untuk disalurkan ke beberapa taman baca yang membutuhkan melalui program “Satu Anak Satu Buku”. Dengan begitu, siswa-siswi dapat belajar indahnya berbagi melalui ilmu bermanfaat dari sebuah buku.

Alhamdulillah kegiatan Peringatan Muharram dan Bulan Bahasa berjalan dengan lancar berkat kerja sama dari berbagai pihak. Semoga kegiatan ini dapat menjadi momen yang mengajarkan siswa untuk berbuat kebaikan sebagai bentuk hijrah menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat.

 

Galeri Foto